Bahaya Mengintai Ketika Kita Jarang Service Rem

By Administrator 06 Des 2022
 

Rem merupakan perangkat keselamatan paling utama yang ada pada hampir setiap kendaraan baik mobil, motor, pesawat bahkan hingga sepeda. Untuk itu kondisi dari rem harus selalu prima agar bisa meredam dan menghentikan laju dari sebuah kendaraan.

Ketika sebuah rem tidak bekerja dengan maksimal, tentu bahaya akan langsung mengintai kita. Terutama ketika rem tidak bekerja ketika kendaraan sedang berjalan dijalan menurun atau bahkan kecepatan sedang hingga tinggi. Tentu kecelakaan tidak akan bisa terhindarkan ketika rem tidak bisa meredam laju kendaraan.

Maka dari itu, kondisi rem harus terus dijaga agar bisa bekerja dengan maksimal. Untuk melakukan perawatan dari sebuah sistem pengereman sangatlah mudah.

Hal utama yang harus diperhatikan pada sistem pengereman baik rem tromol atau cakram adalah kebersihan dan tingkat ketebalan dari kanvas rem. Ya, kondisi sistem pengereman terutama pada bagian kaliper atau tromol harus tetap bersih. Tujuannya adalah agar kanvas bisa menjepit cakram dengan maksimal.

Cara membersihkannya pun sebenarnya sangat mudah terutama untuk sistem pengereman tromol. Cara membersihkan rem tromol, kita hanya tinggal membuka bagian penutup tromol. Setelah terbuka, barulah kita bersihkan bagian kanvas rem termasuk bagian booster dan juga per.

Setelah bersih, barulah kita lakukan penyetelan terlebih dahulu agar kanvas rem tromol tersebut bisa bekerja dengan maksimal. Namun untuk rem cakram, kita harus melepas kanvas terlebih dahulu dan juga melepas kaliper. Setelah kanvas terlepas, barulak kita bersihkan bagian piston.

Untuk membersihkan piston, sebaiknya kita melepas piston. Tujuan melepas piston saat membersihkan kaliper adalah untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam kaliper. Pasalnya ketika bagian dalam kaliper kita kotor, piston berpotensi macet.

Ketika piston kaliper rem sudah macet, maka rem tidak akan berfungsi dengan baik. Piston tersebut tidak bisa mendorong kanvas rem untuk menjepit cakram. Ketika hal tersebut terjadi, maka rem kendaraan akan malfungsi dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Salah satu hal yang harus diperhatikan juga adalah minyak rem. Dalam interval tertentu kita wajib untuk menguras minyak rem. Tujuan dari menguras minyak rem adalah untuk menjaga minyak tetap dalam kondisi yang prima dan mampu tahan hingga suhu panas tertinggi.