Fitur Modern yang Kini Ada di Hampir Setiap Mobil

By Administrator 28 Nov 2022
 

Belakangan mobil yang dijual di Indonesia tampak bikin geleng geleng kepala. Lantaran harga yang tidak ramah di dompet namun menyuguhkan teknologi dan fitur modern.

Alasannya tentu untuk kenyamanan, keselamatan dan keamanan berkendara. Oleh sebab itu penggunaan fitur modern kerap hadir dalam mobil mobil di kelas premium atau tipe tertinggi.

 

Berikut fitur modern yang kerap hadir disetiap mobil, diantaranya :

Engine Start/Stop

Sebelum fitur engine start/stop, pengguna mobil kerap membutuhkan anak kunci untuk menyalakan dan mematikan mesin. Berkembangnya teknologi cara ini terasa mulai ditinggalkan.

Engine start/stop merupakan inovasi dalam dunia otomotif. dengan teknologi ini Anda hanya perlu menekan tombol engine start/stop yang ada di dashboard kendaraan.

Fitur engine start/stop atau keyless ignition system ini biasanya dilengkapi dengan kunci free on board (FOB). Cara kerjanya kunci akan mengirimkan sinyal frekuensi rendah ke sistem komputer mobil yang kemudian akan di sinkronisasi dengan fitur start/stop engine untuk menghidupkan mesin.

 

Baca juga artikel lainnya: Ganti Oli Mesin Mobil dengan yang Lebih Kental, Apakah Efektif ?

 

Panoramic Sunroof

Panoramic sunroof merupakan fitur yang biasanya hadir di tipe tipe mobil tertinggi. Komponennya terbuat dari plat atau kaca agar bisa tembus pandang. Bahkan ada tipe panoramic sunroof yang bisa dibuka, sehingga udara bisa keluar dan masuk tanpa membuka kaca jendela.

Fungsi lain dari panoramic sunroof untuk membantu menurunkan suhu panas dari mobil usai terparkir di bawah sinar matahari. Dari sisi penampilan tentunya mobil yang sudah menggunakan panoramic sunroof akan terlihat lebih premium dibanding mobil tanpa panoramic sunroof.

 

ADAS

Fitur canggih lainnya adalah ADAS (Advanced Driver Assistance System), Adas adalah gabungan dari beberapa fitur modern yang membantu pengemudi secara aktif untuk menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan lain.

Namun yang wajib kalian ingat, fitur Adas hadir sebagai asisten sehingga keputusan utama tetap pada pengemudi. Cara kerjanya menggunakan radar dan sensor serta bantuan kamera untuk memindai objek disekitar mobil.

Salah satu contoh mobil yang sudah menggunakan fitur Adas adalah Wuling Almaz RS. Ada 11 fitur yang disematkan pada sistem ADAS, beberapa diantaranya ialah Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Fitur A juga sudah banyak digunakan oleh pabrikan mobil lainnya, namun menggunakan nama lain, seperti Toyota Safety Sense dan Honda Sensing.

Tiga fitur ini kerap hadir pada mobil mobil tipe tertinggi, namun kini fitur engine start/stop juga tersedia di mobil mobil tipe menengah.