Cara Aman Merawat Radiator Mobil

By Administrator 19 Des 2023
 

Radiator adalah komponen yang sangat penting pada mobil karena fungsinya yang krusial dalam proses pendinginan mesin. Radiator menjaga suhu mobil tetap stabil agar mesin tak overheat.

Ada beberapa jenis air radiator yang digunakan mobil. Seperti radiator mobil dengan air biasa, coolant radiator, super coolant radiator, dan antifreeze.

Karena fungsinya yang sangat penting maka kondisi radiator ini harus selalu dipastikan normal. Berikut ini beberapa tips merawat radiator:

1. Pastikan Volume Cairan Cukup

Cairan pada radiator sangat penting karena berfungsi untuk menjaga stabilitas temperatur mesin. Kurangnya air radiator bisa menyebabkan mesin mengalami overheat.

Untuk itu, cek secara berkala kondisi cairan radiator. Pastikan jumlahnya sesuai dengan tanda batas maksimal dan minimal pada tangki. Gunakan cairan pendingin khusus agar kinerjanya lebih optimal karena titik didihnya yang lebih tinggi.

2. Bersihkan Tangki Radiator

Tangki radiator yang kotor bisa menyebabkan korosi. Untuk itu, bagian tangki ini harus dibersihkan secara berkala, sebaiknya minimal dua minggu sekali. Bagian penutup, pompa oli, klem selang, dan kipas pendinginnya juga harus rutin dibersihkan secara berkala.

3. Menggunakan Radiator Coolant

Radiator coolant akan menjaga temperatur mobil tetap stabil. Pastikan memilih radiator coolant yang memiliki kualitas baik. Cairan ini juga berfungsi untuk mengangkat karat dan kotoran yang menumpuk di dalam tangki radiator.

4. Tutup Radiator Rapat-Rapat

Menutup radiator secara rapat juga sangat penting agar cairan radiator tak bocor. Apabila terjadi kebocoran, cairan radiator bisa berkurang secara drastis.

5. Pastikan Muatan Mobil Tak Melebihi Kapasitas

Saat mobil membawa beban yang terlalu berat, maka mesin akan bekerja semakin keras. Dengan demikian, radiator juga akan bekerja lebih keras lagi untuk mendinginkan mesin.

Hal ini sangat tidak baik untuk kondisi mesin dan radiator. Bisa menyebabkan overheat dan kerusakan pada mesin dan radiator jika terjadi dalam jangka waktu panjang.

Itu dia beberapa tips menjaga radiator agar selalu berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat.