Coba Cara Mudah Ini Untuk Bikin Lampu Mobil Jadi Kinclong

By Administrator 19 Sep 2023
 

Jangan disepelekan ya, ternyata lampu mobil juga membutuhkan perawatan lho. Lampu bagian depan mobil lama kelamaan bisa menjadi buram karena proses oksidasi.

Lampu mobil dulunya menggunakan kaca, tetapi setelah tahun 1980an, banyak produsen mobil memilih menggunakan material plastik atau polikarbonat untuk lampu. Hal ini dilakukan agar lampu tak mudah pecah.

Sayangnya, kekurangan menggunakan bahan ini rupanya membuat lampu lebih gampang muncul embun, ini disebabkan karena adanya oksidasi alami. Meski sering dibersihkan, embun-embun ini akan sering muncul.

Meski demikian, tak perlu khawatir karena cukup mudah untuk membuat lampu yang akhirnya menjadi buram ini untuk kembali kinclong. Cara yang paling sederhana adalah membersihkannya dengan sabun dan air.

Tetapi, hasilnya mungkin kurang maksimal. Nah, berikut ini ada cara lain yang dijamin bikin lampu makin kinclong. Langkah pertama sebelum melakukan pembersihan adalah menempelkan plester di sekitar lampu perbatasan dan bodi mobil agar cat mobil tetap aman ya.

Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat lampu mobil jadi kinclong:

1. Dengan pasta gigi

Pasta gigi ini memang multifungsi banget ya. Rupanya pasta gigi juga bisa digunakan untuk membuat lampu mobil yang buram jadi kembali kinclong seperti baru lagi. Bahannya pun murah dan gampang didapat jadi bisa dilakukan sendiri di rumah.

Yang dibutuhkan selain pasta gigi adalah sikat gigi dan kain lap. Pertama basahi lampu depan mobil kemudian oleskan pasta gigi secukupnya ke lampu mobil dan ratakan dengan sikat gigi.

Jika lampu mobil sudah kembali kinclong, bilas menggunakan air kemudian keringkan dengan kain lap. Pastikan kain lap yang digunakan bersih dan berbahan lembut yang tak menimbulkan goresan di mobil ya.

2. Dengan amplas

Amplas ini bisa digunakan jika pasta gigi tak mampu membuat lampu mobilmu kembali kinclong. Caranya memang sedikit lebih rumit.

Pertama-tama, siapkan amplas dengan tiga jenis ukuran yakni 400, 600, dan 2.000. Sebelum digunakan, pastikan dulu lampu mobil sudah dibasahi terlebih dahulu. Kemudian gosok lampu dengan amplas grit 400 yang sudah dibasahi dengan air hangat. Gosoklah secara memutar.

Kemudian, gunakan amplas dengan grit 600 untuk hasil lebih maksimal. Gosoklah dengan cara memutar, jangan lupa amplas dibasahi dengan air hangat. Setelah itu bersihkan dengan air.

Untuk hasil optimal terakhir gunakan amplas grit 2.000 masih dengan cara yang sama. Terakhir, bilas lampu dengan air bersih kemudian lap dengan kain bersih.

Itu dia beberapa cara membuat lampu mobil yang buram kembali kinclong. Selamat mencoba di rumah.