Ciri Segitiga Motor Bengkok, Sering Tak Disadari

By Administrator 29 Mei 2023
 

Segitiga motor merupakan salah satu bagian penting pada sepeda motor. Fungsinya untuk menyangga suspensi depan dan dudukan pada komstir. Terletak di depan, membuat segitiga motor berperan penting dalam menentukan arah motor.

Untuk menghindari risiko kecelakaan maka jika ada kerusakan pada bagian tersebut harus segera diperbaiki. Untuk itu penting untuk tahu ciri-ciri kerusakan pada segitiga motor.

Berikut ciri-cirinya:

1. Stang stir bergetar

Jika stang stir bergetar, patut dicurigai ada kerusakan pada segitiga motor. Getaran ini bisa menyebabkan bagian lain tidak rapat lagi dan ini bisa berbahaya.

Getaran pada stang stir juga membuat pengendara merasa tak nyaman dan laju motor biasanya terasa tersendat-sendat. Pasalnya, stang akan sulit diluruskan dan dikendalikan sehingga jalan motor tak stabil.

2. Stang terasa berat

Jika stang motor terasa berat, jangan disepelekan karena bisa jadi tanda kerusakan pada segitiga motor. Biasanya motor akan menjadi sulit dibelokkan.

Segera bawa motor ke bengkel jika ini terjadi pada motor Anda karena bisa berbahaya.

3. Suara kasar

Biasanya juga akan muncul suara kasar pada motor saat segitiga motor rusak. Suara kasar ini umumnya muncul pada bagian komstir. Suara ini akan terdengar utamanya saat motor melewati jalan rusak atau bergelombang.

Hal ini disebabkan bagian-bagian komstir longgar sehingga menimbulkan suara kasar. Segera bawa motor ke bengkel agar bagian-bagian yang longgar segera dirapatkan lagi.

4. Rem blong

Jika rem tiba-tiba blong juga bisa menjadi indikasi dari rusaknya segitiga motor. Hal ini disebabkan karena saat segitiga motor rusak menyebabkan jarak saat sedang menggunakan rem depan. Jarak ini membuat sistem pengereman tak bekerja maksimal.

Jika muncul masalah-masalah di atas pada motor Anda, segera bawa motor ke bengkel. Biasanya bengkel akan melakukan press segitiga motor Anda. Itu merupakan solusi terbaik.

Bagian yang diperbaiki adalah spakbor depan di antara roda depan motor. Apabila spakbor cenderung miring sebelah, kemungkinan besar segitiga pada motor memang bengkok.

Selain itu, biasanya juga akan dilakukan pengecekan pada komponen lain apakah terjadi masalah atau tidak. Biayanya sendiri beragam tergantung jenis motor dan kerusakan, sekitar Rp90 ribu hingga Rp250 ribu.