Cara Merawat Kaki-kaki Mobil

By Automotive Evalube 22 Jul 2024
 

Kaki-kaki mobil merupakan komponen yang menyusun bagian bawah mobil. Komponen ini terdiri dari berbagai komponen seperti suspensi, ball joint, tie rod, bushing, bearing, roda, dan velg. 

 

Komponen kaki-kaki mobil ini sangat penting agar mobil bisa melaju dengan aman dan arah kemudi tetap stabil. Apabila terjadi kerusakan pada bagian kaki-kaki mobil bisa menyebabkan mobil sulit dikendalikan hingga berisiko alami kecelakaan. 

 

Pemilik mobil sebaiknya memahami cara merawat komponen kaki-kaki mobil agar tak gampang rusak dan usia pakainya lebih lama. 

 

Berikut ini beberapa cara merawat komponen kaki-kaki mobil: 

 

  1. Pilih Lewat Jalan Bagus 

 

Pilihlah jalan yang mulus daripada jalan yang rusak atau berlubang. Pasalnya, mobil yang sering melewati jalan rusak atau berlubang akan menyebabkan guncangan yang bisa menyebabkan komponen pada kaki-kaki mobil rusak. 

 

Mobil yang awet biasanya yang sering melewati jalan bagus. Usia pakainya menjadi lebih panjang dan komponen kaki mobil lebih jarang mengalami kerusakan. 

 

  1. Kurangi Kecepatan Saat Lewat Jalan Rusak 

 

Apabila terpaksa harus melewati jalan rusak maka pastikan kecepatan mobil rendah. Jangan ngebut saat melewati jalan rusak karena mobil akan alami guncangan hebat. Pastikan kurangi kecepatan juga saat akan melewati polisi tidur. 

 

  1. Ganti Ban Secara Berkala 

 

Tingkat performa ban atau roda sangat berpengaruh pada kondisi kaki-kaki mobil. Ban harus menanggung beban mobil sekaligus penumpangnya, sekaligus bersentuhan langsung dengan jalan, membuat komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting. 

 

Ban memiliki usia pakai yang tak boleh diabaikan. Segera ganti ban saat masa pakainya sudah habis atau alami kerusakan seperti ban sudah tipis atau gundul. 

 

  1. Rutin Lakukan Spooring 

 

Spooring adalah tindakan untuk meluruskan posisi dari setiap roda mobil. Sehingga mobil kembali ke posisi standar pabrikan. 

 

Spooring dilakukan setelah mobil menempuh jarak tertentu, biasanya 10 ribu kilometer atau setiap enam bulan sekali. Spooring bisa dilakukan saat melakukan servis berkala. 

 

  1. Jangan Bawa Beban Berlebih 

 

Setiap kendaraan memiliki batas maksimal muatan yang bisa dibawa. Jangan melewati batas maksimal kemampuan mobil, karena bisa menyebabkan kerusakan pada kaki-kaki mobil. 

 

Usahakan membawa beban secukupnya. Saat membawa beban berlebih, ban akan bekerja lebih keras sekaligus komponen kaki-kaki mobil lainnya. 

 

Itu dia beberapa cara untuk merawat kaki-kaki mobil agar tak gampang rusak. Pastikan juga lakukan pengecekan secara berkala, jangan gunakan velg modifikasi, dan tak memarkir mobil sembarangan.