Perbedaan Lap Microfiber dan Lap Kanebo

By Administrator 22 Jan 2024
 

Untuk membersihkan kendaraan baik motor maupun mobil ada dua kain lap yang umum digunakan yakni lap microfiber dan lap kanebo. Kedua lap ini sangat penting untuk mengeringkan kendaraan setelah dicuci atau mengelap kendaraan ketika berdebu.

Lap microfiber dan lap kanebo memiliki perbedaan yang cukup banyak. Meski keduanya sama-sama digunakan untuk membersihkan atau mengeringkan kendaraan tetap bahan pembuat dua lap ini berbeda. Cara pakainya pun cukup berbeda.

Berikut ini beberapa perbedaan lap microfiber dan lap kanebo:

1. Bahannya

Lap microfiber dibuat dari bahan berserat kecil, bahkan lebih kecil dari sutra, dan memiliki tekstur halus. Lap ini terbuat dari campuran beberapa bahan tekstil sintetis seperti nilon, polyester, rayon, dan prolen.

Sementara lap kanebo merupakan lap kain sintetis yang terbuat dari bahan spons Polyvinyl Alcohol atau PVA.

2. Cara Pakai

Menggunakan lap microfiber cukup simpel, lap ini bisa langsung diaplikasikan untuk mengelap bagian kendaraan yang berdebu atau basah. Lap ini bisa menyerap air 8-9 kali berat lap, jadi membutuhkan banyak lap microfiber untuk mengeringkan kendaraan yang habis dicuci.

Sementara untuk menggunakan lap kanebo, harus dibasahi terlebih dahulu agar lembap. Pasalnya, ketika kering, lap ini akan mengeras. Lap kanebo cukup efektif untuk mengeringkan kendaraan yang basah karena bisa banyak menyerap air dan mengeringkannya tinggal diperas.

3. Jangkauan

Lap microfiber bisa menjangkau area-area sulit pada kendaraan karena bentuknya yang tipis. Sehingga sangat bermanfaat untuk membersihkan daerah-daerah yang sempit pada kendaraan.

Sementara lap kanebo lebih bisa digunakan untuk membersihkan area luas seperti bodi motor atau mobil. Karena bentuknya yang tebal, lap kanebo sulit digunakan untuk membersihkan tempat-tempat yang sempit.

Itu dia beberapa perbedaan antara lap microfiber dan lap kanebo. Untuk membersihkan kendaraan baiknya menggunakan kombinasi antara keduanya.