Sering Disepelekan, Ini Dia Bahaya Kebocoran Oli Mobil

By Administrator 28 Agu 2021
 

Pelumas atau oli mobil yang mengalami kebocoran bisa terjadi karena ada kerusakan pada komponen mesinnya. Namun ada penjelasan yang lebih detail mengenai komponen masa yang telah mengalami keausan sehingga terjadi rembes.

Lebih tepatnya ada kerusakan pada seal yang memiliki bahan karet, dan kerusakan ini bukan main – main dan tidak bisa ditangani sendiri dirumah kecuali jika memiliki peralatan dan kemampuan yang mumpuni. Namun jika tidak, pergilah ke bengkel agar tim mekanik yang turun tangan.

Dan juga kebocoran oli bisa menjadi indikasi bahwa juga terjadi kebocoran pada oli rem, transmisi, dan power steering. Oleh karenanya, kebocoran oli bukan hal sepele.

Berikut merupakan dampak yang terjadi jika kita kerap menyepelekan kebocoran oli mobil.

Pertama, kebocoran oli mesin akan membuat kapasitas oli mesin tidak berada dalam takaran standar. Dan kemungkinan akan terus berkurang. Memang kondisi ini bisa diakali dengan terus menambah oli, namun hal tersebut tidak menyelesaikan masalah kedepannya.

Kedua, jika oli power steering mengalami kebocoran akan membuat kemudi mobil tidak stabil. Berkendara cukup berbahaya jika fungsional dari power steering tidak memadai.

Ketiga, rem bisa kurang pakem karena terjadi kebocoran oli. Kondisi ini cukup berbahaya saat berkendara mengingat kehadiran rem cukup krusial yang menjadi penunjang keselamatan saat mobil berada di atas aspal.

Terakhir, oli mesin yang bocor bisa habis tanpa diketahui oleh pemilik dan berdampak pada kondisi mesin yang cepat rusak. Diakibatkan karena tidak adanya pelumas akan menyebabkan gesekan antara bahan logam semakin parah.

Nah bicara soal oli mobil, Evalube menjadi brand oli yang direkomendasikan untuk kalian semua dan kali ini hadir untuk menjaga kualitas mesin mobil kesayangan Anda. Terdapat 2 jenis oli mobi berbahan bakar bensin, ada Helios Ultra dan Evalube Helios Super.

Evalube Helios Ultra adalah oli dengan full synthetic dan sudah menggunakan teknologi Veltec untuk kendaraan bahan bakar bensin, dengan base oil synthetic yang di mix dengan aditif. Pelumas ini mampu meningkatkan performa mesin, memaksimalkan kualitas penguapan dan oksidasi minimal, dan cukup ramah lingkungan dengan gas buang minimal.

Sementara untuk Helios Super adalah pelumas semi sintetik dengan tingkat kekentalan ganda. Evalube Helios Super ini dibuat dengan menerapkan teknologi veltec, dan oli ini diperuntukan untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin, oli ini terbuat dari campuran base oil synthetic ditambah dengan mineral yang juga terdapat adiktif dengan kualitas tinggi. Oli ini memiliki kekentalan ganda yang membuat temperatur mesin lebih optimal dan kebersihan mesin tetap terjaga sehingga performa yang dihasilkan tetap maksimal.

Pengaplikasian kedua oli ini hanya untuk kendaraan roda 4 dengan bahan bakar bensin dan untuk mesin kendaraan generasi 2011 keatas.

Evalube yang sebelumnya fokus pada oli kendaraan bermotor, pada medio 2011 mulai merangkul pasaran oli mobil. Varian Helios tidak hanya untuk kendaraan bensin, telah terdapat oli Evalube untuk kendaraan diesel. Untuk harga oli mesin mobil Evalube terbilang ekonomis.