Cara Bedakan Oli Asli vs Palsu, Jangan Sampai Tertipu

By Automotive Evalube 25 Sep 2024
 

Hingga kini, masih banyak sekali oknum nakal yang menjual oli palsu. Oli palsu bisa ditemukan di mana saja, bisa dijual secara offline maupun online.

Dampak penggunaan oli palsu terhadap mesin kendaraan tak bisa diabaikan. Pasalnya bisa membuat masalah pada mesin bahkan hingga turun mesin.

Pemilik kendaraan sebaiknya mengganti oli di bengkel terpercaya untuk menghindari penggunaan oli palsu. Namun, memahami perbedaan oli asli vs oli palsu juga penting agar tak tertipu.

Cara bedakan oli asli vs palsu

1. Periksa Nomor Produksi

Setiap oli mesin yang asli akan memiliki kode produksi yang ditulis di botol dan tutup kemasannya. Coba cek nomor produksi di botol dan tutupnya. Apabila nomornya sama maka artinya oli tersebut asli. Tetapi, apabila kode yang tertera berbeda artinya oli tersebut kemungkinan besar palsu.

2. Warna Oli

Jika dilihat dari wujudnya, oli asli dan palsu juga sangat berbeda. Bagi yang sudah terbiasa mengganti oli sendiri pastinya bisa langsung mengenali mana oli asli dan mana yang palsu.

Oli asli akan berwarna kuning cerah mirip minyak goreng apabila kualitasnya baik dan teksturnya sedikit kental. Sementara, oli palsu berwarna coklat kehitam-hitaman dan teksturnya cenderung encer.

3. Segel Kemasan

Oli asli buatan pabrikan akan tersegel dengan rapi dan apik. Sementara oli palsu biasanya segelnya tak benar atau bahkan tidak disegel. Perbedaan ini biasanya akan sangat kentara.

4. Label Hologram

Label dan hologram oli asli vs yang palsu sangat berbeda. Perhatikan label dan hologram yang tertempel pada botol oli. Apabila label dan hologram tersebut terasa timbul dan kualitasnya baik maka oli dijamin asli.

Apabila label dan hologram tampak kusam, tidak timbul rata, atau kualitasnya rendah maka oli tersebut palsu.

5. Bau Aneh

Oli asli baunya tak menyengat di hidung. Tidak wangi tetapi aromanya normal dan tak terasa aneh. Berbeda dengan oli palsu yang biasanya akan mengeluarkan aroma aneh dan terasa menyengat di hidung.

Itu dia beberapa cara membedakan antara oli asli vs palsu. Jika menemukan tanda-tanda oli palsu pada oli yang Anda beli baiknya segera minta ganti atau tukar dengan oli yang asli.