Perbedaan Oli Mesin dan Oli Samping pada Motor 2 Tak

By Administrator 13 Apr 2023
 

Salah satu komponen paling penting dalam kendaraan bermotor adalah oli. Dalam motor 2 tak misalnya, bahkan ada dua jenis oli yang digunakan yakni oli mesin dan oli samping.

Nah, oli mesin dan oli samping ini memiliki karakteristik yang berbeda. Meskipun, fungsinya sebenarnya sama-sama untuk menjaga kestabilan performa motor.

Untuk memahami perbedaan oli mesin dan oli samping pada motor 2 tak mari kita ulas keduanya.

Oli Mesin

Pada motor 2 tak, oli mesin berfungsi untuk menjadi pelumas bagian transmisi dan kopling. Fungsinya memang sangat berbeda pada oli mesin motor 4 tak, makanya kekentalannya dan angka SAE-nya pun berbeda.

Pada motor 2 tak, oli mesin yang digunakan minimal harus memenuhi standarisasi API, JASI, dan ISO. Untuk oli mesin motor 2 tak untuk kopling yang bersifat basah biasanya digunakan oli berkode JASO MA2. Sementara oli untuk motor matic biasanya menggunakan oli berkode JASO MB.

Oli Samping

Pada motor 2 tak, oli samping berfungsi untuk menjadi pelumas pada ruang bakar, piston, dan kruk as. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat oli samping biasanya dicampur dengan aditif.

Dalam oli samping, tak dibutuhkan kekentalan tertentu atau angka SAE tertentu. Pasalnya, oli samping akan ikut terbakar dengan bahan bakar dalam ruang bakar.

Ada beberapa kode yang menjadi perbedaan spesifikasi dari oli samping, seperti JASO FB untuk oli dengan bahan dasar mineral. Kode JASO FC digunakan untuk oli berbahan semi sintetik. Sementara untuk oli dengan bahan full sintetik menggunakan kode JASO FD.

Untuk memilih oli samping, tetap harus menggunakan yang paling tepat untuk motor 2 tak. Gunakan Evalube yang sudah menggunakan teknologi tinggi dan tentunya kandungannya sesuai dan stabil untuk melindungi mesin.

Nah, berikut beberapa produk Evalube untuk oli samping yang bisa jadi pilihanmu:

1. Evalube 2T

Oli Evalube 2T/TB merupakan oli sebagai pelumas mesin campur yang terbuat dari base oli berkualitas tinggi. Terdapat campuran aditif dispersant dan detergent dalam oli ini. Gunanya ialah untuk mencegah timbulnya deposit pada ruang bakar mesin atau memperkecil kadar partikel soot-nya. Oli ini cocok untuk mesin motor 2 tak dengan pendingin udara.

2. Evalube 2T Pro Synthetic API TC/JASO FC

Untuk rekomendasi oli selanjutnya adalah Evalube 2T Pro Synthetic API TC/JASO FC. Oli ini berasal dari formulasi bahan berkualitas tinggi dan aditif detergent beserta dispersant dengan kandungan PIB (Polyisobutylene) untuk memperkecil kadar asap. Motor 2 tak dengan pendingin udara, seperti Suzuki, Vespa, Kawasaki, Yamaha, dan lainnya sangat cocok menggunakan oli jenis ini.