Sering Dianggap Sama, Ini Dia Perbedaan Oli Gardan dan Oli Transmisi

By Administrator 25 Okt 2021
 

Oli gardan dan oli transmisi merupakan cairan yang cukup penting untuk mesin mobil untuk melumasi mesin agar performanya tetap maksimal. Kedua oli memang terlihat mirip, namun soal peran tentu keduanya berbeda. Soal harga oli gardan mobil dan oli transmisi juga terbilang tidak beda jauh.

Oli transmisi dibagi menjadi 2 yakni ada untuk mobil otomatis dan manual. Oli transmisi digunakan untuk melumasi gear percepatan dan komponen mesin lainnya demi mencegah keausan mesin. 

Sementara oli gardan digunakan untuk melumasi khusus di bagian gardan. Fungsinya memang cukup mirip, yaitu melumasi komponen gardan seperti drive pinion, side gear, dan komponen lainnya.  Oli gardan dan oli transmisi memiliki perbedaan soal fungsi, takaran oli, spesifikasi, dan periode penggantian oli. Berikut adalah ulasannya. 

1. Cara kerja dan fungsi
Kedua oli sama – sama berperan sebagai pelumas, namun yang membedakan adalah apa yang dilumasi dan bagaimana cara kerjanya.  Untuk oli gardan berfungsi untuk melumasi putaran roda dengan poros axle dan menjaga stabilitas roda saat berjalan lurus ataupun saat berbelok. 

Sedangkan oli transmisi berfungsi untuk melumasi komponen mesin transmisi. Bekerja dengan cara mengubah perbandingan rasio gear dan kecepatan. Di bagian mesin transmisi sendiri terdapat cukup banyak komponen yang saling bergesekan, sehingga pelumas dengan komposisi tertentu penting untuk menjaga kualitas mesin.

2. Takaran oli
Perbedaan komponen yang dilumasi membuat takaran antar keduanya juga berbeda. Takaran oli transmisi butuh suplai 1 hingga 1,2 liter. Sedangkan untuk oli gardan 2 liter. Namun seperti yang kita tahu, kebutuhan suplai oli setiap mobil berbeda jadi patut kita ketahui juga apakah butuh lebih banyak atau lebih sedikit dari takaran yang sudah ditulis diatas. 

3. Spesifikasi oli
Spesifikasi oli yang dibutuhkan mobil biasanya ada di buku petunjuk manual. Untuk oli gardan umumnya memakai oli SAE 90 hingga 140 dengan API GL 5. 

Sedangkan untuk mesin transmisi otomatis, menggunakan oli ATF. Untuk oli ini tidak bisa diganti dengan oli apapun karena formula yang telah dirancang sudah dikhususkan untuk mesin transmisi otomatis. 

4. Periode penggantian oli
Tidak ada perbedaan interval pergantian antara kedua oli. Kedua oli rata – rata memiliki patokan jarak tempuh sejauh 40.000 untuk mengganti oli. Namun untuk mobil matic memiliki patokan jarak tempuh yang lebih jauh, yakni setiap 80.000 km sekali.

Untuk kebutuhan oli gardan terbaik, Evalube telah menyediakan produk Evalube GL-4, yang merupakan Hypoid Gear Oil dengan formula base oil mineral kualitas tinggi, dengan kemampuan menahan beban kerja yang baik.

Pengaplikasian Evalube GL-4 ini bisa untuk melumaskan gardan mobil bensin maupun diesel, hingga mobil manual ataupun matic. Untuk pelumas mesin transmisi, bisa untuk mobil bensin dan diesel namun khusus untuk jenis mobil manual.

Terkait harga oli gardan mobil dari evalube ini cukup terjangkau, ada varian SAE 90 dengan harga sekitar 40 ribu per botol dan juga SAE 140 memiliki harga sekitar 43 ribu per botol. Kedua harga tersebut adalah untuk ukuran 1 liter.

Harga oli gardan mobil milik Evalube ini bisa bersaing di pasaran dengan brand lain, namun untuk kualitas oli dari Evalube patut diperhitungkan untuk menjaga stabilitas gardan mobil demi menunjang kenyamanan berkendara.

Pastikan Anda membeli oli di bengkel dan toko kepercayaan, kini oli Evalube juga dapat dibeli secara online melalui Evalube Official Store di Tokopedia dan Evalube Official Shop di Shopee.