Bahaya Membuka Tutup Radiator Saat Mobil Overheat

By Administrator 05 Des 2023
 

Mesin mobil terlalu panas atau overheat bisa saja terjadi saat menempuh perjalanan jauh. Saat mobil mengalami overheat, hal yang paling penting dilakukan adalah bersikap tenang.

Apabila panik, pengendara justru bisa berbuat hal yang memperparah keadaan. Perlu dipahami langkah-langkah yang harus dilakukan saat mobil alami overheat.

Penyebab mobil overheat biasanya karena suhu terlalu tinggi sementara radiator habis atau tak berfungsi. Tetapi, tak boleh langsung membuka kap atau tutup radiator saat suhu mobil masih sangat tinggi ya.

Karena panik, pengendara mungkin langsung berinisiatif membuka kap radiator. Padahal, hal ini bisa membahayakan pengendara.

Berikut beberapa bahaya membuka kap radiator saat mesin dalam suhu panas:

1. Cedera Fisik

Bahaya pertama yang mengancam pengendara saat membuka kap radiator yang masih panas adalah cedera fisik. Hal ini disebabkan oleh semburan cairan pendingin yang masih panas. Tekanan yang tiba-tiba dilepaskan akan membuat air radiator menyembur saat kap dibuka.

Terkena air radiator panas bisa menyebabkan cedera pada kulit bahkan mata. Untuk itu, tunggu sampai mesin dingin untuk membuka kap radiator.

2. Mesin Rusak

Membuka kap radiator saat mesin dalam keadaan panas bisa membuat kerusakan pada mesin. Hal ini disebabkan karena perubahan tekanan drastis saat kap radiator dibuka menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mesin. Biasanya, efek yang paling sering terjadi adalah kebocoran cairan pendingin.

3. Gangguan Sistem Pendinginan

Tutup radiator yang dipaksa dibuka saat mesin dalam kondisi panas juga bisa menyebabkan fungsi sistem pendinginan jadi terganggu. Hal ini dikarenakan udara yang masuk saat kap radiator dibuka. Udara tersebut kemudian membentuk gelembung-gelembung yang menghalangi aliran cairan pendingin secara efektif. Ini justru akan memicu mesin untuk alami overheat jika dinyalakan lagi.

4. Kerusakan Pada Sistem Elektronik

Efek terakhir yang bisa terjadi jika membuka tutup radiator saat mesin panas adalah gangguan pada sistem elektronik. Hal ini dikarenakan panas dari overheat mesin merambat ke komponen lain.

Pada akhirnya, panas ini dapat menyebabkan kerusakan pada sensor atau komponen elektronik yang memang memiliki sifat sensitif terhadap suhu. Parahnya, sistem elektronik bisa rusak permanen jika tidak hati-hati.

Karena membuka kap radiator memang berbahaya saat mesin dalam keadaan panas, maka berusahalah setenang mungkin saat mobil mengalami overheat. Tunggulah saat mesin sudah tak terlalu panas saat akan membuka penutup radiator. Gunakan sarung tangan dan kain lap untuk membukanya. Terakhir, bukalah kap radiator secara perlahan dan tak buru-buru.