Apa yang Harus Dilakukan Saat Mobil Terbakar?

By Automotive Evalube 17 Jul 2024
 

Meski terdengar ekstrim, tetapi mobil terbakar sangat mungkin terjadi. Pasalnya, sudah beberapa kasus viral mobil terbakar karena berbagai alasan, seperti kebocoran oli, overheating, atau karena kecelakaan. 

 

Untuk itu, penting bagi pemilik mobil memahami langkah-langkah yang harus dilakukan saat mobil terbakar sehingga mobil yang terbakar bisa langsung ditangani dengan benar dan kebakaran tak makin parah. 

 

Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan saat mobil terbakar: 

 

  1. Tetap Tenang 

 

Saat mobil terbakar, sangat manusiawi jika kita merasa panik. Akan tetapi, berusahalah untuk setenang mungkin. Dengan bersikap tenang, kebakaran bisa ditangani dengan baik sehingga kerusakan bisa diminimalisir. 

 

  1. Bawa Mobil ke Tepi 

 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan membawa mobil ke tepi dengan aman. Bawalah mobil ke tempat yang aman sehingga kebakaran tak merembet ke mana-mana. Jauhkan dari keramaian dan pastikan mesin mobil mati. 

 

  1. Semua Penumpang Turun 

 

Setelah mobil menepi dan mesin mati, semua penumpang harus turun dari mobil. Segera buka pintu dan jendela agar proses evakuasi penumpang lebih mudah. Setelah itu, jauhi mobil, peringatkan orang lain dan pengemudi lain untuk menjauh karena kondisi yang berbahaya. 

 

  1. Padamkan Api dengan APAR 

 

Apabila mobil dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) maka bisa digunakan sebagai pertolongan pertama. APAR pada mobil biasanya kecil tetapi cukup efektif untuk mencegah api membesar. 

 

Semprotkan APAR pada sumber api. Biasanya kebakaran terjadi di mesin. Api akan padam apabila masih kecil, jika api sudah besar maka akan sulit atau bahkan tak bisa dipadamkan dengan APAR. 

 

  1. Segera Hubungi Pemadam Kebakaran 

 

Segera hubungi pemadam kebakaran terdekat. Api yang sudah tak terkendali tak bisa dipadamkan dengan APAR biasa dan harus dipadamkan oleh pemadam kebakaran. Hubungi juga polisi lalu lintas untuk mencegah kebakaran membahayakan orang lain. 

 

Itu dia beberapa langkah yang harus dilakukan saat mobil dilakukan. Pastikan merawat mobil agar kebakaran bisa dihindari ya. Salah satunya dengan rajin mengganti oli secara berkala. Gunakan Evalube yang terjamin kualitasnya.