Ini Yang Terjadi Jika Oli Motor Manual Dipakai Motor Matic

By Administrator 31 Agu 2021
 

Saat ini ada 2 jenis motor yang menguasai pasaran otomotif di Indonesia, yakni motor motor manual dan motor matic. Namun motor matic masih lebih banyak peminatnya karena gaya berkendara yang lebih simpel dengan tidak perlu repot memindahkan gigi seperti motor manual yang menjadi hal wajib.

Apapun itu perbedaannya, kedua motor ini harus difasilitasi dengan penanganan yang tepat agar mesin tetap dapat diandalkan. Salah satu bentuk penanganan yang tepat adalah memberikan oli yang tepat untuk menjaga performa motor lebih maksimal. Namun jika oli motor manual dipakai untuk motor matic atau sebaliknya, maka hal tersebut cukup diharamkan di dunia permotoran.

Karena terdapat kerja sistem yang berbeda seperti pada kopling, motor manual yang memakai kopling basah yang berarti kopling harus terendam oli. Berbeda dengan motor matic yang memakai kopling kering.

  1.   Oli Matic Dipakai Oleh Motor Manual

Jika hal ini terjadi, maka bisa menyebabkan selip kopling dan hal tersebut cukup berbahaya. Karena oli khusus matic memang dikhususkan untuk kinerja mesin motor matic.

Formula pada oli matic ditujukan untuk meminimalisir gesekan pada mesin, hal ini membuat kerja mesin lebih ringan dan efisien sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

  1.   Oli Manual Dipakai Oleh Motor Matic

Karena motor matic menggunakan jenis kopling kering yang biasanya berada di CVT jadi tugas oli hanya melumasi dan melindungi bagian dalam mesin saja. Jadi sebenarnya bukan masalah besar jika oli motor manual dipakai oleh motor matic.

Namun tetap lebih baik jika motor matic menggunakan oli khusus motor matic, agar formula yang sudah diracik bisa sangat berguna untuk performa mesin.

Khusus untuk motor matic yang memang cukup digandrungi sebagian besar masyarakat, yang bahkan penjualan motor matic pun sudah selangkah lebih depan ketimbang penjualan motor manual. Hal ini pun berbuntut pada kebutuhan oli motor matic terbaik untuk menjaga performa mesin.

Melihat kebutuhan tersebut yang dirasa cukup banyak pasarannya, maka Evalube tak mau kalah dengan memiliki produk oli khusus motor tanpa gigi ini.

Sebagai produsen, Evalube pun mencoba memenuhi kebutuhan masyarakat luas tersebut dengan tidak main – main memiliki 2 produk langsung untuk oli motor matic terbaik. Keduanya keluar dengan nama Evalube Scootic HX dan Evalube Scootic YX khusus untuk pecinta motor matic.

Produsen oli motor matic terbaik ini juga memasarkan produk pelumnas motor lainnya yaitu ada Evalube 4T Pro, Evalube Runner, dan Evalube Runner X.

Kedua oli motor matic terbaik dari Evalube ini pun memiliki banderol harga yang cukup ekonomis.

Base oil dalam produk Evalube yang satu ini memiliki jenis sintetik ditemani dengan zat aditif Molydenum Dithiocarbomate, hal ini mampu mengurangi friksi yang terjadi terutama saat temperatur dan putaran sedang tinggi.

Lalu untuk bahan Viskositas yang digunakan terbilang rendah sehingga melancarkan sirkulasi pelumas, yang mendukung untuk lebih irit bahan bakar dan membantu mesin untuk lebih mudah hidup ketika situasi sedang dingin.

Keduanya juga menerapkan teknologi yang bisa meminimalisir terjadinya korosi dan keausan agar kendaraan tetap stabil dan panjang umur.