5 Cara Ini Agar Udara Panas Cepat Keluar dari Kabin Mobil

By Automotive Evalube 15 Apr 2024
 

Biasanya suhu di dalam mobil akan terasa panas setelah diparkir di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja suasana di dalam mobil jadi kurang nyaman apabila suhu terasa panas. 

 

Penelitian bahkan menyebut, suhu di dalam mobil bisa lebih panas hingga 30 derajat Celcius daripada suhu di luar mobil. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti interior kabin yang berwarna gelap hingga kaca mobil yang terkena langsung sinar matahari. 

 

Tetapi, tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar suhu di dalam mobil kembali netral. Berikut beberapa di antaranya: 

 

  1. Nyalakan Mesin Dulu 

 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menyalakan mesin terlebih dahulu. Pastikan AC dalam keadaan mati. Biarkan mesin bekerja secara bertahap dengan optimal. 

 

  1. Buka Kaca Jendela 

 

Segera buka seluruh kaca mobil agar udara panas keluar dan berganti dengan udara baru. Sirkulasi udara ini akan membantu menetralkan suhu di dalam mobil. 

 

Tapi, sebelum membuka kaca jendela mobil, pastikan tempat tersebut bersih dan tak ada tumpukan sampah ya. Jika udara di sekitar mobil juga buruk, justru akan mengganti udara di dalam mobil menjadi bau. 

 

  1. Nyalakan AC 

 

Setelah suhu di dalam mobil dirasa netral, nyalakanlah AC. Nyalakan AC di suhu paling rendah dengan tingkat embusan besar atau bila perlu gunakan fitur AC Auto selama dua menit agar suhu di dalam kabin cepat netral. Setelah itu, atur AC di suhu normal. 

 

  1. Kendarai Mobil Dalam Keadaan Kaca Terbuka

 

Trik satu ini disebut sangat efektif, cukup buka seluruh kaca jendela selama beberapa menit sambil membawa jalan mobil. Ketika mobil dikendarai maka udara panas di dalam kabin akan tersedot keluar dari dalam mobil

 

Tak perlu terlalu lama dan tak harus dalam kecepatan tinggi, tutup jendela yang terbuka secara bertahap. Pada beberapa menit awal setelah terasa adanya pergantian udara mulailah tutup kaca jendela depan kemudian selang beberapa waktu tutup jendela belakang

 

  1. Gunakan Pelindung Matahari 

 

Cara pencegahan ini cukup efektif agar suhu di dalam mobil terjaga dengan baik. Gunakan pelindung matahari yang simpel sehingga gampang dipasang dan dicopot. 

 

Selain untuk menjaga suhu di dalam mobil, pelindung matahari ini juga berfungsi untuk menjaga bodi mobil agar catnya tak pudar karena matahari. 

 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar suhu di dalam kabin cepat kembali netral.