5 Bagian Mobil yang Harus Dicek Setelah Dipakai Mudik

By Automotive Evalube 13 Mei 2024
 

Setelah momen Lebaran dan mudik dilalui, pemilik mobil tak boleh mengabaikan kendaraannya begitu saja. Pasalnya, mobil yang digunakan untuk mudik, apalagi jarak jauh, rentang mengalami beberapa masalah. 

 

Untuk itu, sebaiknya segera periksa mobil dan pastikan keadaannya baik setelah digunakan untuk mudik. Memastikan komponen mobil dalam keadaan baik sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan berkendara. 

 

Berikut ini 5 bagian mobil yang harus diperiksa pasca digunakan untuk mudik: 

 

  1. Ban Mobil 

 

Ban mobil adalah komponen yang biasanya akan sangat terdampak setelah digunakan untuk berkendara jarak jauh. Apalagi digunakan melewati berbagai medan. Periksa tekanan ban mobil dan pastikan tidak kekurangan atau kelebihan angin. 

 

Pastikan juga ban memiliki tebal yang cukup dengan Tread Wear Indicator (TWI). Jika sudah ada tanda-tanda kerusakan, baiknya juga segera diganti. 

 

  1. Oli 

 

Oli mesin sangat penting agar mesin tak mengalami overheat. Untuk itu periksa apakah oli mesin volumenya masih mencukupi atau tidak. Segera ganti oli jika sudah sangat berkurang. 

 

Gunakan juga oli berkualitas yang terjamin mutunya, Evalube. Evalube memiliki berbagai jenis dan pilihan oli untuk menjaga mesin mobilmu tetap sehat dan optimal. 

 

  1. Rem 

 

Saat mudik, pastinya rem bekerja keras apalagi jalanan biasanya sangat macet. Untuk itu pastikan kondisi rem baik-baik saja. Periksa kondisi kampas rem, Piringan rem, hingga tingkat cairan rem. 

 

  1. Radiator 

 

Radiator juga pastinya bekerja keras selama digunakan untuk mudik. Segera isi ulang cairan radiator jika jumlahnya telah berkurang. Apabila ada masalah pada radiator juga segera perbaiki karena berisiko bisa membuat mobil overheat. 

 

  1. Kaki-kaki Mobil 

 

Apabila ada suara yang muncul saat setir diputar atau mobil melewati jalan yang bergelombang, sebaiknya segera periksa kondisi kaki-kaki mobil. Munculnya masalah pada kaki-kaki mobil biasanya dikarenakan mobil melaju pada kecepatan tinggi saat melewati jalan jelek. 

 

Selain beberapa bagian di atas, baiknya juga segera cuci mobil setelah digunakan untuk mudik. Pasalnya selama dalam perjalanan pastinya banyak kotoran dan debu yang menempel pada komponen-komponen mobil.

 

Baiknya lakukan servis berkala agar teknisi bisa mengecek lebih lanjut apakah ada kerusakan atau komponen yang perlu diganti.