Tips Membersihkan Rantai Motor, Awas Salah

By Administrator 07 Des 2022
 

Terdengar sepele tapi membersihkan rantai motor tak boleh dilakukan sembarangan. Rantai motor yang bersih dan terawat akan membuat performa motor jadi lebih maksimal.

Jika tak dirawat dan dibersihkan maka rantai motor bisa menjadi tidak sehat hingga menimbulkan suara gesekan saat motor berjalan. Sura ini pastinya akan membuat pengendara menjadi tak nyaman.

Merawat rantai motor sangat penting untuk keberlangsungan kendaraan karena rantai merupakan salah satu komponen yang penting dalam proses bergeraknya sepeda motor.

Berikut cara dan tips membersihkan rantai motor:

 

1. Memahami komponen di bagian rantai

Tak kenal maka tak sayang, ungkapan ini sepertinya tepat sebelum belajar membersihkan lantai secara benar. Penting untuk mengenali bagian-bagian rantai seperti rantai terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai.

Selain itu, rantai pada sepeda motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear pada roda).

Selain itu terdapat perbedaan ukuran pada rantai motor sport dan motor bebek. Perbedaan terdiri dari ukuran panjang rantai dan juga ukuran lebar dari roller link. Pengendara harus memastikan bahwa roller link dapat berputar 180 derajat.

 

2. Jarak main bebas

Untuk memastikan batas kekenduran dari rantai roda perlu dipastikan jarak rantai roda yang tepat. Fungsinya untuk mendapatkan tenaga yang optimal dari sepeda motor.

Batas jarak main bebas ini dapat dilihat pengendara sepeda motor pada stiker yang berada di cover rantai.

Dalam mengukur kekencangan rantai roda, para pengguna sepeda motor harus memastikan sepeda motor berada pada posisi standar tengah dan posisi gigi netral, kemudian putar roda untuk menemukan kekenduran rantai yang paling kecil. Terakhir, gunakan penggaris mengukur tingkat kekenduran pada bagian kekenduran yang paling kecil atau di tengah-tengah antara dua sprocket.

 

3. Menggunakan pelumas

Sebelum mengoleskan pelumas pada rantai motor, terlebih dahulu rantai harus dibersihkan. Gunakan deterjen dan sikat kecil untuk membersihkan rantai.

Setelah disikat dengan detergen kemudian dikeringkan dengan kain. Penting untuk menghindari cairan mudah terbakar saat bersihkan rantai motor.

Setelah rantai bersihkan, oleskan pelumas menggunakan kuas pada rantai motor. Berikan oli atau pelumas pada roller rink dan link plate. Bisa menggunakan oli dan pelumas dari Evalube yang terjamin kualitasnya untuk rantai Anda.