Tips Ganti Pelek Mobil dengan Produk Aftermarket agar Keren dan Nyaman

By Administrator 04 Des 2023
 

Pelek mobil memiliki fungsi utama sebagai penopang beban kendaraan. Tetapi, selain itu pelek mobil juga bisa mempercantik mobil. Tak heran kalau banyak pengendara memilih mengganti pelek mobilnya dengan yang lebih stylish.

Banyak pengendara memilih mengganti pelek mobilnya dengan produk aftermarket. Biasanya dengan tujuan agar penampilan mobil lebih keren dan diameter pelek lebih besar dari bawaan mobil.

Saat memilih mengganti pelek mobil dengan produk aftermarket, kita tak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengganti pelek dengan produk aftermarket.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Maksimal Naik 2 Step

Biasanya pengendara memilih mengganti pelek mobil dengan ukuran yang lebih besar atau tinggi dari ukuran pabrik. Ukuran yang aman adalah dinaikkan 1 step atau maksimal dua step. Jika lebih dari itu, akan berpengaruh pada kekuatan rem mobil dan bisa berbahaya.

2. Sesuaikan Ukuran Ban

Perlu diperhatikan bahwa mengganti ukuran pelek berarti juga mengganti ukuran ban. Pilih ukuran ban dengan pelek yang sesuai, jika tak paham bisa dikonsultasikan dengan teknisinya.

3. Ganti Suspensi

Komponen yang sebaiknya juga dipertimbangkan untuk diganti saat pelek mobil diganti adalah shockbreaker atau suspensi. Shockbreaker harus disesuaikan dengan jenis pelek yang diganti. Jika tidak diganti maka mobil akan kuran kurang nyaman dikendarai.

Mengganti pelek mobil memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Karena beberapa komponen lainnya juga harus disesuaikan. Untuk itu, perlu benar-benar dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengganti pelek mobil. Jangan asal untuk gaya-gayaan saja, tapi unsur kenyamanan dan keamanan harus tetap dipertimbangkan.