Jangan Asal Beli Motor

By administrator 20 Mei 2019
 

Tidak semua orang ingin membeli motor baru. Alasannya pun beragam. Mulai dari ketersediaan dana, update produk yang cenderung cepat hingga resale value alias harga jual kembali. Biasanya jenis konsumen seperti itu lebih cenderung untuk membeli motor bekas. Namun pemilihan motor bekas terbilang susah – susah gampang, apalagi soal kualitas. Pasalnya kita tidak mengetahui cara pemakaian dari pemilik sebelumnya

Terkadang penampilan bodi yang mulus dan suara mesin yang halus membuat banyak dari pembeli. Agar tidak mudah dikelabui oleh penjual motor yang curang, Anda wajib melakukan pengecekan atau inspeksi terhadap motor yang akan dibeli.

Inspeksi bisa dimulai dari pengecekan surat – surat motor seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), cek bodi secara keseluruhan dan pantau juga suara mesin motor.

Setelah itu periksa kelistrikan dengan melakukan stater dan menyalakan semua indikator yang ada di motor. Dan yang terakhir kalian bisa melakukan pengecekan terhadap kekentalan oli mesin, pasalnya banyak penjual motor yang memanipulasi agar suara mesin bisa lebih halus.

Pengecekan kualitas oli bisa melihat dengan menggunakan tutup oli mesin atau dipstick. Angkat dan letakan ujung dipstick pada bahan yang berwarna putih. Setelah itu kekentalan pelumas mesin.

Jika itu semua sudah kalian lakukan, test ride amat sangat disarankan ketika membeli motor. Yang dimaksud motor sehat adalah motor dalam kondisi standar, semua komponen berfungsi normal dan semua system penggerak berjalan  dengan baik. Happy hunting!