Lakukan 5 Hal Ini Jika Kunci Mobil Tertinggal Di Dalam

By Automotive Evalube 25 Sep 2024
 

Kunci jadi salah satu barang penting yang sering kali lupa diletakkan di mana. Sayangnya, kadang pemilik mobil bahkan lupa atau tak sengaja meninggalkan kunci di dalam mobil.

Saat akan membuka pintu mobil dari luar, kadang baru bingung mencari kunci. Beberapa orang mungkin akan merasa panik ketika tak sengaja meninggalkan kunci di dalam mobil.

Sebaiknya tetap tenang dan melakukan beberapa hal berikut ini saat kunci mobil tertinggal di dalam mobil:

1. Turunkan Kaca Dengan Lakban

Cara ini cuma bisa digunakan untuk mobil yang belum menggunakan sistem elektrik power window ya atau masih dengan metode ongkel. Caranya yaitu dengan menurunkan kaca mobil dengan lakban dengan ditarik agak keras atau dipaksa. Kalau digunakan pada mobil yang sudah menggunakan power window bisa menyebabkan kerusakan pada komponen gear motor dan regulator.

2. Gunakan Baja Tipis

Meski tak semua mobil bisa menggunakan cara ini, tapi cukup ampuh juga untuk beberapa jenis mobil. Caranya dengan menggunakan penggaris baja panjang untuk mendorong mekanikal gagang pintu yang terdapat di sela-sela kaca dan pintu. Namun, biasanya cara ini hanya bisa dilakukan oleh teknisi.

3. Bola Tenis

Terdengar aneh tetapi ternyata bola tenis juga bisa digunakan untuk mengakali kunci mobil yang tertinggal di dalam mobil. Caranya dengan membuat lubang di bola tenis sekira cukup untuk membuat angin keluar. Kemudian, gunakanlah sisi bola tenis yang berlubang tersebut untuk menekan lubang kunci mobil. Kemudian, harusnya pintu mobil akan terbuka karena tekanan angin yang keluar.

4. Tali Sepatu

Tali sepatu bisa juga digunakan pada mobil yang memiliki kunci dalam yang bisa ditarik. Caranya cukup simpel dengan mengikat tali sepatu membentuk lingkaran, kemudian perlahan masukkan dalam mobil melalui celah jendela. Setelah itu, arahkan tali ke kunci dalam. Kemudian, baru tarik kunci secara perlahan sampai mobil terbuka.

5. Hubungi Bengkel

Ada beberapa alat yang bisa digunakan seperti obeng, alat cungkil, sampai special tool kunci maling. Namun, beberapa alat tersebut cukup berisiko apabila dilakukan oleh awam. Jadi, sebaiknya menghubungi bengkel agar lebih aman.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan saat kunci mobil tertinggal di dalam mobil.