Ada Gempa Saat Berkendara, Apa yang Harus Dilakukan?

By Automotive Evalube 28 Mei 2024
 

Indonesia adalah negara yang rawan alami gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu: Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Tak heran jika gempa bumi di Indonesia cukup sering terjadi. 

 

Saat terjadi gempa, kebanyakan orang akan panik dan segera menuju tempat terbuka. Nah, masalahnya gempa bisa terjadi kapan saja, termasuk saat kita sedang berkendara. 

 

Lalu, apa yang harus dilakukan saat merasakan gempa saat berkendara? 

 

Apabila gempa dalam skala kecil biasanya tak dirasakan saat berkendara, terutama mobil, karena diredam oleh sistem suspensi mobil. Akan tetapi, saat terjadi gempa dalam skala besar tentu saja akan dirasakan oleh pengemudi. 

 

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan pengemudi jika merasakan gempa saat berkendara: 

 

  1. Jangan Panik 

 

Tetap tenang, karena seringkali panik membuat seseorang melakukan tindakan terburu-buru dan berbahaya. Perhatikan dulu situasi sekeliling, apalagi jika berkendara di jalan raya atau jalan tol. Jangan panik dan jangan langsung menepi tanpa melihat sekeliling karena justru bisa menyebabkan kecelakaan beruntun. 

 

Perhatikan objek di sekitar kita, apakah pohon atau gedung bergoyang. Amati juga bagaimana kondisi kendaraan di sekeliling kita. 

 

  1. Mencari Tempat Terbuka 

 

Saat gempa yang dirasakan cukup besar, hindari mengerem secara mendadak karena bisa tertabrak mobil di belakang kita. Baiknya, mengerem secara perlahan sambil mencari tempat terbuka yang aman untuk menepi. Jangan lupa nyalakan lampu sein saat akan menepi. 

 

  1. Keluar Dari Mobil 

 

Apabila gempa tak kunjung berhenti, segera keluar dari mobil setelah menemukan tempat yang aman. Tunggu sampai gempa benar-benar berhenti dan jangan buru-buru meneruskan perjalanan. 

 

  1. Cari Informasi 

 

Cari informasi terkait gempa yang terjadi. Bisa dilihat di media sosial Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang biasanya mengabarkan tentang informasi gempa yang terjadi. Cari juga informasi tentang kemungkinan terjadinya gempa susulan dan tsunami. 

 

Itu dia beberapa hal yang baiknya dilakukan saat merasakan gempa di kendaraan. Jangan panik, tetap tenang ya.