Viskositas Ideal Oli Untuk Mesin Diesel

By Administrator 28 Des 2021
 

Mobil dengan mesin diesel kini tidak lagi dipandang sebelah mata karena memiliki image sebagai kendaraan yang kurang memiliki kecepatan. Seiring berkembangnya teknologi, mesin diesel pun kini sudah disematkan beragam teknologi yang bisa membuatnya menjadi “buas” secara performa. Karena hal tersebutlah kini mobil dengan mesin diesel cukup diminati oleh berbagai kalangan.

Setiap mesin sebuah kendaraan tentu membutuhkan pelumas untuk melumasi bagian bagian didalamnya hingga celah terkecil. Untuk memilih oli mesin diesel yang terbaik memang terbilang tidak mudah, ini dikarenakan merek oli diesel yang ada di pasaran sangat beragam dengan berbagai spesifikasi yang ditawarkan.

Umumnya sebuah mobil mesin diesel sering digunakan pada medan dan kondisi ekstrem, yang dapat mengakibatkan stres pada mesin. Karena itu, demi menjaga performa dari mobil bermesin diesel tetap optimal, dibutuhkan oli mesin terbaik yang sesuai dengan spesifikasi mesin diesel tersebut.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih oli mesin mobil diesel terbaik, yang pertama adalah melihat kode SAE (Society of Automotive Engineers). Kode SAE itu sendiri merupakan kode dari tingkat kekentalan (viskositas) oli, biasanya kode ini tertera pada bagian depan setiap kemasan oli.

Mesin diesel modern.

Nah, contoh kode SAE atau kekentalan oli adalah umumnya kalian akan melihat tulisan misalnya 10W-30 pada setiap kemasan oli. Angka yang paling depan adalah tingkat kekentalan oli pada suhu dingin (saat mesin belum dinyalakan). Kemudian angka setelah huruf W atau angka yang berada di paling belakang adalah tingkat kekentalan oli ketika mesin dalam kondisi bekerja atau sudah panas (Angka tersebut menjadi penahan laju penurunan viskositas oli karena suhu kerja mesin). Semakin besar angka yang tertera oli pun akan semakin kental, sedangkan semakin kecil angka yang tertera maka akan semakin encer.

Umumnya untuk sebuah mesin diesel lawas atau berumur 10 tahun diatas disarankan untuk menggunakan oli yang cukup kental. Mobil bermesin diesel dengan umur diatas 10 tahun tidak lagi membutuhkan oli dengan viskositas encer karena tingkat presisi dari komponen mesinnya sudah menurun. Untuk mesin ini, cukup menggunakan oli dengan Kode SAE 15W-40. Salah satu produk yang bisa anda gunakan adalah Evalube Super Transco SAE 15W-40. Produk ini merupakan pelumas mesin diesel multi grade berkemampuan tinggi yang digunakan pada kendaraan diesel. Oli ini tidak hanya bisa digunakan untuk mesin diesel lawas, namun mesin diesel modern yang memiliki emisi rendah pun bisa menggunakannya. Pelumas ini memiliki aditif berteknologi tinggi yang mampu mengontrol oksidasi dan mengendalikan jelaga (soot) dengan baik sehingga memberikan perlindungan terhadap pembentukan deposit piston akibat temperatur tinggi, keausan, korosi serta pembentukan busa. Selain itu, dengan adanya teknologi 

Teknologi Veltec with Clean Shield formula membuat oli ini memiliki kemampuan membersihkan mesin lebih baik.