Apa Itu Mesin DOHC Pada Mobil? Apa Keunggulannya?

By Administrator 31 Agu 2023
 

Kehadiran mesin DOHC di dunia otomotif disebut-sebut sebagai perkembangan yang revolusioner. Mesin ini adalah yang paling favorit untuk banyak pabrikan mobil karena keunggulannya.

Kini, DOHC digunakan untuk berbagai jenis mobil dari mobil yang digunakan harian hingga mobil sport. Keunggulan dari mesin DOHC ialah efisien soal mengalirkan udara dan gas buang sekaligus memiliki performa yang tinggi.

Lalu apa itu sebenarnya DOHC dan bagaimana mesin ini bisa bekerja meningkatkan performa kendaraan bermotor?

Pengertian Mesin DOHC

DOHC merupakan kependekan dari Double Overhead Camshaft. Dalam bahasa Indonesia, bisa dipahami sebagai poros kemudi ganda atas.

DOHC adalah jenis mesin yang digunakan untuk mobil di mana, mesin tersebut memiliki dua poros kemudi yang terletak di bagian atas dari blok mesin. Atau bisa diartikan sebagai jenis camshaft yang memiliki overhead double.

Jadi, mesin DOHC ini memiliki dua pasang overhead dalam satu piston. Sehingga ada empat klep dalam mesin ini.

Dua klep berfungsi untuk mengatur bahan bakar, sementara dua klep lainnya berfungsi untuk mengatur gas keluaran atau gas yang dibuang melalui knalpot. Karena memiliki empat klep dalam mesinnya, mesin ini otomatis memiliki komponen yang lebih banyak dibandingkan dengan mesin SOHC (Single Overhead Camshaft).

Mesin DOHC memiliki beberapa keunggulan sehingga menjadi favorit banyak pabrikan mobil. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lebih efisien bahan bakar

Mesin DOHC membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien. Hal ini dikarenakan mesin ini memiliki dua buah camshaft yang berguna untuk mengontrol katup pembukaan pada setiap silinder. Selain dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, hal ini juga bisa mengurangi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan.

2. Performa mesin lebih meningkat

Keunggulan lain dari mesin DOHC adalah kemampuannya menghasilkan daya yang lebih besar. Selain itu, karena memiliki katup dan komponen yang lebih akurat, mesin ini mampu memberikan respons yang lebih cepat. Sehingga, mesin ini sangat populer digunakan untuk mobil-mobil yang memiliki performa tinggi.

3. Mobil jadi lebih cepat

Kelanjutan dari nomor dua, mesin DOHC bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar sehingga kecepatan mobil pun meningkat. Pengendara yang hobi memacu adrenalin dengan kecepatan tinggi pastinya sangat cocok dengan mesin ini.

Selain keunggulannya, mesin DOHC juga memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya yakni perawatannya yang lebih rumit dan mahal karena komponen mesinnya lebih banyak. Selain itu, mesin ini juga lebih rumit untuk dimodifikasi.

Itu dia pengertian dan keunggulan mesin DOHC pada mobil. Mesin ini mampu membuat mobil jadi makin tangguh di jalan.