Tahapan Mengganti Oli Mobil Tanpa Harus ke Bengkel

By administrator 01 Okt 2018
 

Saat masuk jadwal mengganti oli mobil, sebenarnya kita dihadapkan pada dua pilihan. Menyerahkan semua pekerjaan kepada tenaga ahli di bengkel atau melakukannya seorang diri di rumah. Untuk mereka yang berencana melakukannya sendiri, artikel ini akan memberi gambaran tahapan-tahapan yang perlu dilakukan.

Pada umumnya ganti oli mobil disarankan berdasarkan masa pakai ataupun jarak tempuh kilomoeter. Pada mobil, bila tidak enam bulan sekali, penggantian harus dilakukan setiap jarak tempuh 10.000 kilometer, tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. Sebagai alternatif, ada pula kalangan yang menggunakan acuan engine hours.

Mengganti oli secara rutin wajib dilakukan mengingat fungsinya yang sangat vital. Meliputi fungsi pelumasan, perlindungan, hingga pendingin.

Mengganti oli mesin mobil seorang diri memanglah butuh persiapan, namun bukan berarti mustahil dilakoni. Sebelum memulainya, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu oli baru sesuai volume yang dibutuhkan mesin, wadah untuk oli bekas, dan lap untuk membereskan ceceran oli.

Langkah mengganti oli mobil

  1. Letakkan wadah penampungan untuk oli bekas tepat di bawah lubang pembuangan oli mesin.
  2. Buka buat pembuangan oli.
  3. Saat baut penutup oli terbuka maka oli akan keluar. Sampai di sini kita perlu menunggu oli keluar habis. Tandanya, tak ada lagi tetesan oli yang keluar dari lubang pembuangan. Tidak dianjurkan untuk menyemprotkan udara bertekanan pada mesin. Alasannya udara yang disemprotkan bisa saja meninggalkan air.
  4. Usai oli mobil terbuang semua, tutup kembali baut pembuangannya. Satu hal yang perlu diingat, ganti paking lama dengan yang baru.
  5. Setelah bagian bawah mesin beres, kita bisa mulai mengisi mesin dengan oli yang baru sesuai dengan spesifikasi dan jumlah yang dibutuhkan.
  6. Setelah melakukan pengisian, cek kembali volume oli dengan menggunakan dipstick. Sebaiknya oli mesin berada di antara level maksimum dan minimum.
  7. Bila volume oli sudah tepat, jangan lupa tutup rapat lubang penuangan oli.