Wiper Rusak, Kenali Penyebab Kerusakannya

By Administrator 21 Nov 2022
 

Di musim hujan, salah satu komponen mobil yang sangat dibutuhkan adalah wiper. Sebelum bepergian, wajib untuk memeriksa kondisi wiper. Apakah bisa bekerja dengan normal atau ada kerusakan.

Ada beberapa penyebab kerusakan pada wiper. Fungsi wiper sebagai penghapus air di kaca mobil mungkin terdengar sepele, tapi bisa berbahaya jika wiper tidak berfungsi dengan baik. Maka dari itu, pemilik mobil harus memahami penyebab tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Kondisi wiper tidak bergerak sama sekali

Jika kerusakan ini yang terjadi, bisa saja disebabkan oleh ausnya motor listrik. Solusinya adalah segera mengganti dengan yang baru. Selain itu, bisa juga disebabkan karena masalah pada sekring. Pertama karena sekring putus, kedua

Kedua, sekring bermasalah. Bila sekring putus berarti ada arus listrik yang berlebihan. Perlu untuk mencermati rangkaian dan hubungan antar kabel yang terkait dengan sekring.

 

2. Wiper bergerak lambat

Penyebab pertama wiper bergerak lambat adalah ada komponen yang kotor sehingga engkol wiper terhambat. Cara mengatasinya, rajin bersihkan wiper termasuk pada tahanan koil.

Penyebab kedua adalah karena ada elemen wiper yang berkarat. Cara mengatasinya bersihkan engkol dari karat dengan semprotan anti karat atau mengganti bagian yang sudah berkarat.

 

3. Sapuan wiper pada air di kaca tak rata

Masalah ini biasanya disebabkan karena karet wiper yang aus. Segera ganti dengan karet yang lentur karena karet keras menyebabkan sapuannya terhadap air di permukaan kaca tak merata, juga berpotensi menyebabkan kaca mobil baret.

 

4. Semburan air dari washer sedikit

Biasanya masalah ini disebabkan oleh lubang di kepala washer yang tersumbat. Rutin membersihkan elemen-elemen pada wiper memang sangat penting agar tak muncul masalah ini.

Cara membersihkannya yaitu lepas tabung langsung campurkan pasir kerikil lalu kocok-kocok hingga kotoran yang menempel dinding tabung hilang. Lakukan beberapa kali agar benar-benar bersih. Kemudian, tiup selang kuat-kuat dan bersihkan lubang kepala washer menggunakan jarum. Tiup selang sekali lagi setelah lubang dibersihkan.