Waspada Motor “Ngebul” Bisa Bikin Oli Berkurang

By administrator 06 Mar 2019
 

Knalpot merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran kendaran, tak terkecuali untuk roda dua. Khusus motor 4-tak, pengguna wajib menaruh perhatian lebih ketika terlihat adanya asap yang keluar dari knalpot.

Untuk motor bermesin 2-tak, adanya asap yang keluar dari knalpot merupakan hal wajar. Mengingat pembakaran mesinnya memang melibatkan oli (oli samping). Namun, beda halnya untuk di motor bermesin 4-tak. Asap yang keluar dari knalpot menandakan ada sesuatu yang tak beres di sektor mesin.

Untuk mengetahui penyebabnya, kita bisa melakukan pengamatan terhadap asap itu sendiri. Warna dari asap knalpot bisa dijadikan petunjuk untuk mendeteksi kerusakan.

Penyebab knalpot motor mengeluarkan asap

Jika asap yang keluar dari knalpot berwarna putih, bisa jadi ring piston sudah mengalami keausan atau adanya baret di baret di piston. Tak menutup kemungkinan juga asap putih dari kenalpot disebabkan oli mesin yang ikut terbakar lantaran seal klep aus.

Sedangkan, bila asap yang keluar dari knalpot cenderung hitam itu tandanya dari bahan bakar. Namun, keluarnya asap hitam ini lebih besar kemungkinannya terjadi pada motor yang masih menggunakan karburator.

Penyebabnya antara lain penyetelan karburator yang tak sempurna lantaran masih dilakukan dengan cara manual. Jika sudah begini, pembakaran dijamin bisa lebih boros. Untuk motor injeksi sendiri, kasus knalpot motor mengeluarkan asap hitam sangat jarang terjadi.

Adanya asap yang keluar dari knalpot motor 4-tak perlu segera mendapatan penanganan profesional karena hubungannya dengan kondisi internal mesin. Jika dibiarkan maka bukan tidak mungkin performa mesin merosot dan ongkos yang harus dibenarkan semakin membesar.