Jangan Anggap Sepele, Ini Efek Buruk Sering Panaskan Mobil di Garasi

By Administrator 19 Apr 2023
 

Memanaskan mobil di garasi terdengar sepele dan kemungkinan dilakukan oleh banyak orang. Namun, ternyata memanaskan mobil di garasi ini memiliki efek buruk lho.

Mobil yang sering dipanaskan di garasi, biasanya adalah mobil yang jarang dipakai. Sehingga, daripada harus menggesernya hanya untuk memanaskan, mobil tetap dipanasi tanpa dipindah dari garasi.

Namun, perlu diingat, mobil mengeluarkan gas buang saat dipanaskan. Gas buang ini bisa berbahaya untuk orang-orang di sekitar garasi karena menjadi polusi.

Untuk itu, disarankan memindahkan mobil sebelum dipanaskan. Pilihlah ruang yang lebih terbuka untuk memanaskan mobil.

Gas buang yang keluar dari knalpot mobil dapat mengganggu pernapasan. Gas buang beracun ini bisa terhirup apabila garasi tak memiliki sistem ventilasi yang baik.

Apabila anggota keluarga ada yang memiliki masalah dengan pernapasan tentu bisa berbahaya. Pasalnya, bisa menyebabkan sesak napas. Untuk itu, lebih baik pintu garasi dibuka saat mesin mobil dihidupkan.

Selain sesak napas, karbon monoksida yang terdapat dalam gas buang knalpot dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Seperti lemas, sakit kepala, pusing, mual dan muntah, pandangan kabur, bahkan nyeri dada, hingga pingsan.

Bahaya memanaskan mobil di garasi ini memang kerap tak disadari. Namun, jika kamu merasakan salah satu gejala di atas saat memanaskan mobil segera menjauh dari mobil dan coba hirup udara bebas.

Agar lebih aman, pindahkan mobil keluar garasi saat akan dipanaskan. Selain itu, sekalian memanasi mobil bisa sambil mengecek keadaan mobil siapa tahu ada yang perlu diperbaiki sebelum digunakan untuk berkegiatan.

Jangan lupa juga untuk selalu mengganti oli dalam waktu berkala agar mobil tak mengeluarkan terlalu banyak gas buang. Gunakan Evalube yang terjamin menjaga mesin mobilmu agar tetap awet dan selalu dalam performa prima!