Warna Asap Motor Memiliki Berbagai Makna, Bisa Artinya ada Kerusakan

By Administrator 18 Sep 2023
 

Bagi pemilik sepeda motor, untuk menandai adanya kerusakan pada motornya bisa dilihat dari asap knalpotnya. Warna asap knalpot memang bisa berbeda-beda dan memberikan indikasi adanya kerusakan pada sepeda motor atau tidak.

Sepeda motor kekinian sendiri sebenarnya tidak mengeluarkan asap apabila kondisi motor, terutama mesin, dalam keadaan baik. Knalpot akan mengeluarkan asap jika ada sesuatu yang bermasalah pada komponen motor.

Secara umum, asap sepeda motor diketahui berwarna putih. Tetapi, asap knalpot bisa berubah jika terjadi kerusakan atau sesuatu yang tak normal pada komponen sepeda motor.

Berikut ini beberapa makna asap knalpot motor yang bisa membantumu memahami adanya kerusakan pada sepeda motor:

1. Asap knalpot berwarna putih

Jika motor mengeluarkan asap berwarna putih, asap ini berasal dari hasil penguapan yang muncul ketika motor dinyalakan. Biasanya, asap warna putih yang normal akan berlangsung sekian detik saja.

Tetapi, jika asap putih ini muncul lebih dari 30 detik artinya ada air yang masuk ke dalam silinder sehingga menimbulkan asap berwarna putih. Jadi, perlu diperiksa bagian silinder atau gasket motor karena kemungkinan ada kerusakan pada bagian tersebut.

2. Asap berwarna abu-abu atau kebiruan

Jika asap knalpot motor berwarna abu-abu atau kebiruan pada motor 4 tak, artinya mesin motor sedang membakar oli. Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan ada kebocoran pada seal valve sehingga oli dapat masuk ke ruang bakar.

Selain itu, bisa juga disebabkan karena katup PCV (Positive Crankcase Ventilation) yang tertutup atau macet, sehingga mengakibatkan naiknya tekanan dan menghasilkan asap.

Sementara, jika asap kebiruan atau abu-abu muncul pada motor 2 tak, hal ini bisa dianggap sebagai hal yang normal.

3. Asap berwarna hitam

Asap yang berwarna hitam menandakan pembakaran bahan bakar yang terjadi pada sepeda motor tidak sempurna. Hal ini menyebabkan sisa pembakaran tersebut keluar melalui knalpot.

Jika hal ini terjadi pada motor 2 tak, kemungkinan disebabkan oleh kebocoran pada reed valve. Sementara jika terjadi pada motor 4 tak, kemungkinan ada masalah pada katup.

Selain itu, motor yang mengeluarkan asap berwarna hitam bisa juga menandakan adanya kerusakan pada mesin sehingga memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Yang jelas, jika asap motor berwarna hitam maka pemakaian bahan bakar bisa lebih boros. Untuk itu, jika motor mengeluarkan asap warna hitam baiknya jangan ditunda bawa ke bengkel.

Pastikan juga melakukan servis motor berkala agar performa mesin selalu terjaga. Gunakan Evalube, oli berkualitas yang akan menjaga mesin motor kesayangan Anda.