Tips Merawat Mobil Setelah Dipakai Liburan

By Automotive Evalube 02 Sep 2024
 

Liburan membawa mobil pribadi kini menjadi pilihan banyak orang. Pasalnya, selain praktis juga dinilai lebih ekonomis apalagi jika seluruh anggota keluarga ikut bepergian. 

 

Perlu diperhatikan bahwa mobil yang habis digunakan untuk pergi liburan juga harus segera dirawat. Apalagi jika jika mobil digunakan untuk berlibur melintasi berbagai medan jalan. 

 

Berikut ini beberapa langkah merawat mobil setelah digunakan untuk berlibur: 

 

  1. Cuci Mobil 

 

Sebelum mencuci mobil, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kain lembut jenis microfiber. Lap bagian luar mobil dengan perlahan ya dari bagian atas ke bawah. Hindari menggosok dengan cara melingkar karena bisa menimbulkan goresan. 

 

Setelah itu cuci mobil menggunakan sabun khusus mobil. Gunakan air bersih untuk menyemprot mobil lalu gunakan spons atau kain microfiber yang sudah diberi sabun agar ampuh mengusir kotoran dan noda. 

 

  1. Periksa Oli Mesin 

 

Liburan dengan jarak yang cukup jauh bisa membuat tingkat oli mesin menurun. Untuk itu, sebaiknya tingkat oli mesin juga diperiksa. Bisa menggunakan tongkat pengukur oli mesin, apabila jumlahnya kurang segera tambahkan oli mesin. 

 

Kecukupan oli mesin sangat penting agar komponen dalam mesin bisa bekerja secara optimal. Apabila komponen mesin tak terlumasi dengan baik bisa menyebabkan gesekan antar komponen. Gunakan Evalube, oli mesin dengan kualitas terbaik di kelasnya. 

 

  1. Periksa Sistem Pendingin 

 

Pastikan juga air radiator tercukupi dengan baik. Pasalnya, perjalanan jauh bisa membuat air radiator menipis. Jangan sampai lupa isi ulang air radiator karena bisa menyebabkan suhu panas mobil sulit untuk turun. 

 

  1. Periksa Sistem Kelistrikan 

 

Salah satu komponen yang bisa terdampak setelah mobil lakukan perjalanan jauh adalah aki. Aki biasanya terkuras habis setelah pulang liburan. Pastikan untuk memeriksa kondisi aki dan sistem kelistrikan lainnya agar tak terjadi masalah serius setelah pulang liburan. 

 

  1. Bersihkan Interior Mobil 

 

Pastikan juga kamu membersihkan bagian interior mobil. Jangan sampai ada sisa makanan atau minuman tumpah di dalam mobil karena akan membuat mobil jadi berbau tak sedap. Bersihkan debu dan kotoran yang menempel. Pastikan membersihkan bagian dashboard dan panel pintu dengan pembersih khusus. 

 

Itu dia beberapa perawatan mobil yang bisa dilakukan setelah liburan. Selain itu, pastikan meminta teknisi mengecek berbagai sistem keamanan mobil seperti rem, sistem kemudi hingga tekanan ban. AC juga sebaiknya diperiksa apakah perlu dibersihkan atau tidak.