Tips Menyetir Aman saat Hujan Deras

By Automotive Evalube 02 Sep 2024
 

Indonesia adalah negara dengan curah hujan yang tinggi. Ini menjadi tantangan bagi para pengemudi kendaraan di Indonesia saat harus berkendara di bawah hujan yang deras. 

 

Salah satu tantangan menyetir saat hujan adalah jarak pandang yang terbatas. Selain itu, jalanan juga menjadi basah dan licin sehingga lebih berisiko untuk tergelincir. 

 

Berikut beberapa tips mengemudi saat hujan deras: 

 

  1. Pastikan Komponen Kendaraan Baik 

 

Pastikan ban tidak dalam keadaan gundul atau tipis karena sangat rawan kecelakaan untuk berkemudi di jalan basah. Pastikan juga komponen lainnya dalam performa apik termasuk sistem pengereman. 

 

  1. Kurangi Kecepatan 

 

Jangan ngebut saat berkendara di bawah hujan deras. Pasalnya, jalan yang licin bisa menyebabkan menurunnya daya cengkeram ban pada permukaan jalan. 

 

Selain itu, hindari juga manuver tiba-tiba karena bisa menyebabkan kehilangan keseimbangan dan kendali terhadap kemudi. Saat akan mengerem atau berakselerasi lakukan dengan perlahan agar lebih aman. 

 

  1. Menepi di Tempat Aman

 

Jangan paksakan berkendara saat hujan terlalu deras dan berkabut karena akan sangat sulit melihat ke depan. Karena jika dipaksakan akan berisiko ketika kita tak bisa melihat jalanan. Sebaiknya menepi dulu menunggu hujan sedikit reda sampai jarak pandang aman. 

 

  1. Gunakan Lampu Secara Tepat 

 

Menggunakan lampu kendaraan yang tepat bisa membantu meningkatkan visibilitas saat berkendara di bawah hujan. Pastikan juga lampu kendaraan terlihat oleh kendaraan lain. 

 

  1. Jaga Jarak 

 

Pastikan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Apalagi kendaraan-kendaraan besar seperti truk kontainer. Dengan menjaga jarak aman kita juga meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan beruntun. 

 

  1. Waspada Aquaplaning 

 

Aquaplaning terjadi ketika lapisan air di atas permukaan jalan membuat mobil kehilangan daya cengkeram pada jalan. Jika sudah demikian maka sopir akan kehilangan kendalinya dan berkendara jadi tak stabil. 

 

Untuk itu, penting untuk memastikan kondisi ban dalam keadaan baik termasuk tekanan udaranya tidak kurang maupun berlebihan. 

 

Itu dia beberapa tips berkendara di bawah hujan deras. Pastikan selalu jaga keamanan dan kenyamanan berkendara ya.