Tips Inreyen Motor Agar Aman dan Nyaman di Kemudian Hari

By Administrator 17 Okt 2023
 

Meski teknologi kini makin maju, tetapi inreyen masih penting dilakukan untuk sepeda motor baru. Inreyen sendiri bisa dipahami sebagai masa penyesuaian komponen-komponen yang saling bergesekan dalam mesin.

Proses ini wajib juga untuk membersihkan mesin dari sisa-sisa gram saat proses perakitan sepeda motor. Jika inreyen dilakukan dengan benar maka akan berdampak pada usia pakai komponen-komponen motor yang lebih panjang. Selain itu, tujuan dari inreyen juga agar motor bisa mencapai performa maksimalnya saat digunakan.

Sementara, jika inreyen ini gagal maka bisa membuat komponen-komponen motor jadi gampang rusak. Lalu bagaimana cara melakukan inreyen yang benar dan aman?

Masa penyesuaian atau inreyen ini meliputi proses pemanasan, pengaturan posisi, pencocokan, hingga pencarian batas nyaman suatu gesekan. Berikut ini beberapa tips inreyen motor agar aman dan nyaman:

1. Santai di 500 km pertama

Santai dalam artian tidak memperlakukan motor secara ekstrem di 500 km pertama sepeda motor. Hindari melakukan pengereman mendadak dan menarik gas secara penuh sebelum mencapai 500 km pertama.

2. Jangan angkut beban berlebih

Setiap sepeda motor memiliki batas maksimal beban yang dibawa. Untuk melihatnya bisa dicek di buku panduan bawaan pabrikan.

Pada masa inreyen, baiknya tak membawa beban berlebih karena bisa berisiko untuk mesin. Mengangkat beban terlalu berat membuat mesin bekerja lebih keras.

3. Stabilkan kecepatan

Baiknya mengemudikan motor agar tetap stabil pada 500 km pertama. Tarik gas perlahan agar oli dalam mesin tersebar ke komponen mesin dengan merata.

4. Ganti oli motor setelah 1.000 km

Segera ganti oli setelah motor mencapai 1.000 km pertama. Mengganti oli secara berkala sangat penting untuk menjaga performa mesin.

Pastikan juga menggunakan oli terbaik sejak pertama agar mesin motor selalu terjaga performanya. Gunakan Evalube yang terjamin kualitasnya.

5. Rutin servis motor

Rutin servis motor juga sangat penting agar teknisi bisa mengecek jika ada masalah pada sepeda motor. Dalam buku panduan sepeda motor biasanya terdapat informasi kapan harusnya melakukan servis.

Itu dia beberapa tips melakukan inreyen. Jangan sampai melewatkan proses ini ya untuk kondisi sepeda motor yang prima.