Tips Hindari Microsleep Penyebab Kecelakaan Km 58 Tol Japek

By Automotive Evalube 14 Mei 2024
 

Beberapa waktu lalu terdapat kecelakaan mematikan di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek). Dalam kecelakaan maut itu, 12 orang tewas menjadi korban. 

 

Yang perlu diwaspadai adalah penyebab terjadinya kecelakaan tersebut adalah microsleep atau mengantuk karena kelelahan. Berkendara selama berhari-hari memang bisa menyebabkan pengemudi merasa kelelahan. 

 

Microsleep sleep ini bisa dihindari dengan beberapa tips berikut ini: 

 

  1. Memaksimalkan Tidur Sebelum Mulai Perjalanan 

 

Sebelum memulai perjalanan, pengemudi minimal sudah tidur selama enam jam. Ini sangat penting agar pengemudi bisa memulai perjalanan dengan optimal dan segar. Dengan tidur cukup sebelum perjalanan bisa menghindarkan pengemudi dari microsleep di jalan. 

 

  1. Menepi dan Istirahat 

 

Beberapa orang ragu untuk menepi dan beristirahat karena ingin cepat capai tujuan. Padahal, saat menempuh perjalanan jauh sangat penting untuk menepi dan istirahat meski sebentar. Jika pengemudi merasa ngantuk pun baiknya tidur lebih dahulu. Lebih penting lama sampai tujuan daripada mengalami kecelakaan di jalan karena pengemudi mengantuk. 

 

  1. Jangan Minum Obat dan Alkohol 

 

Hindari minum obat yang membuat mengantuk dan minum alkohol. Keduanya sangat berbahaya karena bisa membuat pengemudi alami microsleep di jalan. 

 

  1. Konsumsi Makanan Sehat 

 

Makanan juga penting agar membuat pengemudi tetap berenergi saat berkendara. Tetapi, pastikan konsumsi makanan sehat. Sebab, makanan yang tinggi karbohidrat bisa meningkatkan rasa kantuk bagi pengendara. Konsumsi sayur, buah, dan jus selama di perjalanan. 

 

  1. Perbanyak Minum Air Putih 

 

Kekurangan air putih bisa menyebabkan menurunnya konsentrasi hingga badan terasa lemas dan mengantuk. Untuk itu, pengemudi sebaiknya sediakan banyak air putih persediaan di dalam mobil. Hindari kafein karena bisa menyebabkan pengemudi merasa jantung berdegup kencang dan perasaan tidak tenang saat berkendara. 

 

Itu dia beberapa tips untuk menghindari microsleep saat berkendara di jarak jauh. Pastikan menepi dan istirahat saat menempuh jarak jauh, setelah istirahat pengemudi akan kembali merasa segar dan semangat memulai perjalanan.