Sering Disepelekan, Kebiasaan ini Bikin Transmisi Mobil Matik Cepat Jebol

By Automotive Evalube 03 Mar 2024
 

Mengendarai mobil matik dianggap lebih simpel dari mobil manual, sehingga kini lebih banyak digemari orang. Tetapi, bukan berarti boleh sembarangan, karena bisa saja malah bikin transmisinya tak bisa bekerja optimal. 

 

Meski mobil transmisi otomatis, tapi mengendarai mobil matik tetap butuh kecermatan. Kebiasaan mengemudi yang salah bisa membuat transmisi jadi jebol. Hal ini biasanya karena pengguna terlalu menyepelekan mengemudi dengan benar karena mudahnya transmisi otomatis. 

 

Berikut ini beberapa kesalahan yang bikin transmisi mobil matik jadi cepat jebol: 

 

  1. Selalu Berkendara Dengan Agresif 

 

Mode berkendara selalu agresif bisa menyebabkan transmisi mobil matik cepat jebol. Misalnya pengemudi terlalu cepat berakselerasi saat tuas transmisi baru dipindahkan dari posisi N ke D. Baiknya, akselerasi dilakukan dengan wajar. 

 

Selain itu, banyak juga pengemudi yang langsung gas setelah transmisi matik baru saja dipindahkan dari R ke D. Baiknya beri jeda satu atau detik sebelum tancap gas. 

 

  1. Pindah Gigi Sebelum Mobil Berhenti 

 

Kesalahan lain yang bisa merusak transmisi pada mobil matik adalah memaksakan pindah gigi sebelum mobil berhenti. Baiknya, injak rem terlebih dahulu sebelum mobil berhenti kemudian pindahkan ke gigi mundur. 

 

  1. Tak Rutin Ganti Oli Transmisi 

 

Salah satu kebiasan buruk pemilik mobil yang perlu dihindari juga adalah menyepelekan mengganti oli transmisi. Hal ini bisa menyebabkan transmisi otomatis menjadi rusak. Baiknya, lakukan ganti oli secara berkala dan teratur agar transmisi mobil matik tetap bekerja optimal. 

 

  1. Menahan Rem Pada Posisi D 

 

Menahan rem terlalu lama pada posisi gigi D juga bisa menyebabkan transmisi mobil matik jadi cepat rusak. Hal ini karena tuas transmisi jadi terlalu cepat panas. Untuk itu, saat berhenti di lampu merah baiknya menggunakan gigi N. 

 

  1. Penggunaan Gigi L Yang Tak Tepat 

 

Gigi L atau gigi rendah baiknya digunakan pada waktu yang tepat. Misalnya pada kontur jalan menanjak atau turunan yang curam. Menggunaan gigi L pada jalanan yang tak sesuai juga bisa menyebabkan transmisi mobil matik jadi cepat jebol. 

 

Itu dia beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan transmisi mobil matik menjadi lebih cepat jebol. Pastikan merawatnya dengan menggunakan oli Evalube yang terjamin kualitasnya dan mudah didapatkan.