Freon AC Mobil Bisa Awet Berapa Lama?

By Administrator 24 Mei 2023
 

Tentunya banyak pemilik mobil yang bertanya freon AC mobil bisa bertahan berapa lama. Freon merupakan salah satu komponen penting pada AC mobil.

Ketika AC tak berfungsi dengan baik, banyak yang mengira pasti masalah ada di freonnya. Freon sendiri memiliki fungsi sebagai cairan utama pada sistem pendingin AC mobil bertugas mengubah gas melalui evaporator.

Nah, soal freon AC ini bisa tahan berapa lama sebenarnya tergantung dari pemakaiannya. Freon AC pada umumnya bisa awet hingga dua tahun atau lebih asal dirawat dengan baik.

Freon pada prinsipnya tidak akan bisa habis. Ia akan habis jika ada kebocoran pada AC atau kerusakan pada AC.

Soal kapan baiknya mengganti freon, disarankan setiap dua tahun sekali freon mobil diganti. Meski sering dipakai atau tidak, freon baiknya diganti tiap dua tahun.

Pasalnya, setelah dua tahun cairan freon akan mengalami kejenuhan. Selain itu, baiknya melakukan servis AC setiap menempuh jarak 20.000 km untuk memastikan kondisi AC sekaligus freon baik.

Nah, untuk menjaga keawetan AC mobil ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Terdengar simpel tapi bekerja untuk keawetan AC mobil Anda.

Pertama jaga kebersihan kabin mobil. Pasalnya jika mobil kotor maka debu dan kotoran bisa masuk ke dalam AC sehingga kinerja AC menjadi tak optimal.

Kedua, jangan buka jendela mobil saat AC menyala. Jika jendela mobil dibuka saat AC menyala maka AC akan bekerja lebih keras sehingga bisa membuatnya cepat rusak.

Ketiga, jangan merokok di dalam mobil. Perokok sering mengabaikan fakta bahwa merokok di dalam mobil dapat mengganggu sirkulasi AC. Pasalnya, sirkulasi AC bisa tercemar oleh nikotin. Asap rokok juga bisa menempel pada evaporator AC hingga kinerjanya terganggu.

Selain itu, yang tak kalah penting adalah jangan lupa membersihkan kondensor AC.