Tips Aman Hadapi Bus Ngebut Ugal-ugalan di Jalan Raya

By Automotive Evalube 15 Apr 2024
 

Sebagai pengguna jalan raya, banyak orang pasti pernah bertemu dengan bus yang dikemudikan secara ugal-ugalan. Hal ini kerap menjadi keresahan bersama yang dibahas ramai di media sosial. 

 

Beberapa oknum sopir sepertinya memiliki kebiasaan buruk yakni menyetir dengan gaya arogan. Hal ini menyebabkan pengguna jalan lain merasa tak aman dan nyaman. 

 

Meski demikian, hal yang harus diutamakan adalah keselamatan. Berikut beberapa tips menghadapi bus ugal-ugalan di jalan: 

 

  1. Beri Jalan 

 

Jangan nekat memblokir jalan bus yang ugal-ugalan karena tak ada faedahnya. Sopir bus bisa saja nekat dan membuat situasi menjadi membahayakan. Utamakan keselamatan diri sendiri dengan mengurangi kecepatan dan beri jalan. Hal ini akan lebih aman dilakukan untuk keselamatan. 

 

  1. Jangan Keluar Jalur 

 

Saat memberi jalan kepada bus yang ugal-ugalan, jangan sampai keluar jalur karena bisa saja ada bahaya lain yang bisa membahayakan atau merusak mobil. Caranya cukup kurangi kecepatan dan jangan berusaha untuk menyalip atau adu kecepatan. 

 

  1. Menahan Diri 

 

Saat menghadapi sopir yang menyetir dengan cara ugal-ugalan baiknya tahan emosi dan menahan diri. Jika dirasa sulit, sebaiknya menepi dan berhenti untuk istirahat sebentar. 

 

Istirahat sebentar juga akan membuat jarak dengan bus ugal-ugalan tersebut sehingga tak terus-terusan memancing emosi kita. Jangan merasa rendah diri untuk mengalah pada sopir arogan karena keselamatan kita lebih penting dari apapun. 

 

Itu dia beberapa tips aman jika menghadapi bus ugal-ugalan di jalan. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara.