Ternyata Jarang Ganti Oli Kompresor AC Bisa Berdampak Buruk Lho

By Administrator 29 Jun 2023
 

Perawatan pada mobil memang harus menyeluruh dan detail, contohnya pada oli kompresor. Terdengar remeh tapi jika tak rutin diganti bisa berdampak buruh lho.

Kompresor AC sendiri berfungsi untuk melancarkan sirkulasi refrigerant (freon) ke seluruh unit dengan cara menaikkan tekanan. Sedangkan oli kompresor berfungsi untuk melumasi piston yang saling bergesekan di dalam kompresor AC.

Oli kompresor pada mobil ini harus diganti secara berkala agar performa AC tetap baik dan tak terganggu. Bengkel-bengkel AC biasanya menyarankan mengganti oli kompresor setiap 20.000 km atau bisa juga sekaligus saat melakukan servis.

Jika oli kompresor ini tidak rutin diganti maka akan menyebabkan beberapa dampak. Dampak yang akan langsung dirasakan adalah AC tidak bekerja secara optimal. Sehingga menyebabkan embusan angin dalam kabin tidak sejuk.

Jika AC tidak sejuk tentu aromanya juga akan kurang sedap dan udara di dalam mobil akan terasa tidak segar. Jika sudah demikian, udara di dalam mobil sudah tidak sehat.

Selain itu, tidak rajin mengganti oli kompresor juga bisa merusak komponen pada AC. Pasalnya, oli kompresor biasanya akan menghitam karena kontaminasi serbuk sisa gesekan kompresor.

Jika tidak dibersihkan dan diganti, maka sisa serbuk kontaminan itu akan mengganggu proses perubahan cairan freon menjadi gas. Akibat pertama yang dirasakan adalah AC menjadi kurang dingin.

Oli kompresor yang hitam akan berpotensi membuat komponen lain tersumbat. Serbuk sisa gesekan kompresor tersebut bisa menyumbat pada beberapa bagian seperti pipa-pipa kecil evaporator, kondensor, dan sejenisnya.

Jika cuma menghitam, serbuk kontaminan itu biasanya hanya butuh diflushing. Setelah dilakukan flushing biasanya AC akan kembali dingin. Tapi apabila keausan kompresor sudah parah maka penggantian komponen harus dilakukan.

Jika dikalkulasi, lebih baik memang mengganti oli kompresor secara rutin karena biaya yang dikeluarkan jika sudah terjadi kerusakan malah jauh lebih besar.

Selain harus diganti secara rutin, baiknya juga menggunakan oli berkualitas untuk kompresor mobil. Evalube menyediakan oli terbaik di kelasnya untuk kompresor mobilmu. Dijamin melumasi piston dalam AC mobil dan merawatnya agar tetap bekerja secara optimal.