Tanda-tanda Mobil Harus Ganti Ban

By Administrator 21 Feb 2024
 

Ban adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Pasalnya, ban bersentuhan langsung dengan aspal sehingga kondisi ban yang baik sangat menentukan keamanan dalam berkendara.

Penting sekali untuk pengendara memahami kapan waktu harus ganti ban. Menunda mengganti ban dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Untuk itu, pengendara bisa mempelajari tanda-tanda kapan waktu ganti ban.

Berikut tanda-tanda mobil harus ganti ban:

1. Ban Mobil Sudah Berumur Tiga Tahun

Ban juga memiliki umur penggunaan yakni umumnya tiga tahun. Hal ini lantaran karet pada ban bisa berkurang tingkat elastisitasnya karena pemakaian sehari-hari. Jadi, jika ban mobil sudah berumur tiga tahun sebaiknya agar lebih terjamin bisa diganti meskipun ban mobil masih tebal dan kembangannya masih apik.

2. Sudah Menempuh Jarak 40 Ribu Km

Ban mobil juga sebaiknya harus diganti jika sudah menempuh jarak 40 ribu km meskipun ban mobil belum berumur tiga tahun. Ban mobil yang sudah menempuh jarak tersebut akan mengalami keausan, jadi baiknya segera diganti.

3. Ban Gundul

Ban gundul di tengah atau di tepi atau juga menjadi salah satu tanda bahwa ban mobil harus segera diganti. Hal ini biasanya dikarenakan efek pemakaian. Selain itu, kebiasaan mengemudi dan tingkat tekanan angin berlebih juga bisa menyebabkan ban gundul di tengah.

4. Ketebalan Tapak Ban Mencapai Batas TWI

Pabrikan ban sudah membekali ban dengan indikasi TWI (Tread Wear Indicator). Jadi, tanda ini merupakan batas keausan ban yang diizinkan untuk tetap dipakai. Artinya, apabila ban sudah menyentuh segitiga TWI berarti ban harus diganti.

Lokasi TWI ini ada di dua tempat yakni bagian tepi ban dan di tengah telapak ban. Pada bagian tepi bentuknya segitiga kecil di area bawah ban, sementara yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tak sampai setinggi kembang ban.

5. Ban Retak

Biasanya ban retak karena sering terkena panas. Ban retak juga jadi indikasi bahwa ban harus segera diganti. Biasanya ban retak karena pemakaian terjadi sebelum umur ban, tetapi jangan menunda menggantinya.

Itu dia beberapa tanda bahwa ban harus segera diganti. Selain itu, ban yang sudah sering ditambal baiknya juga segera diganti.