Tips Mengemudi Motor Fokus Saat Puasa

By Automotive Evalube 13 Apr 2024
 

Energi kita saat puasa tentu berbeda dengan saat tidak puasa. Daya fokus tentu juga tak sama. Meski demikian, kita harus tetap berusaha fokus saat puasa demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya. 

 

Bagi pengendara yang harus tetap beraktivitas di saat puasa seperti driver ojol misalnya, memang membutuhkan fokus yang baik. Untuk itu ada beberapa tips bagi pengendara motor agar tetap fokus saat puasa. 

 

Berikut lengkapnya: 

 

  1. Cukup Istirahat 

 

Pastikan tidur Anda cukup meski sedang berpuasa. Apalagi puasa kerap memicu kantuk dan lemas. Apalagi jika kurang tidur pastinya akan membuat makin gampang mengantuk di jalan. 

 

  1. Cukup Minum Air Putih Saat Sahur 

 

Pastikan memperbanyak konsumsi air putih saat sahur. Hindari minuman manis dan sejenisnya. Dengan konsumsi air putih yang cukup akan membuat tubuh lebih segar dan tak dehidrasi. 

 

  1. Pilih Rute Terdekat 

 

Sebelum berangkat ke tujuan, pastikan memilih rute terdekat dengan jalur yang mudah dilalui. Dengan demikian, akan lebih menghemat energi di jalan. 

 

  1. Waktu Perjalanan 

 

Pilihlah waktu perjalanan yang tidak terlalu panas. Bisa waktu pagi atau sore hari. Cuaca panas akan membuat tubuh lebih butuh cairan sehingga membuat lemas. 

 

  1. Pastikan Surat-Surat Lengkap 

 

Pastikan membawa surat-surat lengkap agar tak terkena tilang yang bisa membuat urusan di jalan semakin lama. Jangan lupa juga gunakan perlengkapan berkendara seperti helm, masker, dan sarung tangan agar lebih aman dan nyaman di jalan. 

 

Itu dia beberapa tips agar lebih fokus berkendara saat puasa. Pastikan juga selalu mematuhi peraturan lalu lintas untuk menjaga keamanan saat berkendara.