Perawatan Interior Mobil, Ini Yang Harus Dilakukan

By Administrator 15 Feb 2023
 

Kenyamanan berkendara tentunya sangat berarti bagi Anda yang sering menggunakan mobil untuk mengantar sari satu tempat ke tempat lainnya. Nyaman yang dimaksud adalah interior mobil yang terus terlihat bersih dari noda dan kotoran lainnya.

Agar interior mobil terjaga hingga awet selama bertahun-tahun, Anda harus melakukan perawatan secara rutin dan menghindari kegiatan yang tidak lazim di dalam mobil seperti halnya meracik cairan berwarna yang bisa membuat kotor interior.

Selain menghindari kegiatan yang tidak lazim, ada beberapa hal yang bisa membuat interior terus terjaga dengan bersih.

 

Rutin Membersihkan Debu Dengan Vakum

Lantai dan beberapa bagian dari jok akan mudah sekali berdebu dan kotor. Hal ini bisa terjadi karena saat Anda masuk ke mobil, sepatu atau sandal masih membawa debu. Belum lagi kalau yang ikut baik ke dalam kendaraan cukup banyak dan berganti-ganti setiap harinya.

Membersihkan dengan vakum bisa kalian lakukan secara rutin baik harian atau mingguan. Jangan gunakan sapu kecil karena akan susah menjangkau bagian yang dalam. mobil yang dipenuhi debu bisa membuat ruangan agak pengap meski sudah pakai AC.

 

Bersihkan Noda Dengan Air Hangat

Noda di dalam mobil bisa muncul akibat makanan atau tinta dari bolpoin. Setelah Anda mendapati ada noda, segera bersihkan dengan air hangat dicampur dengan shampo tertentu. Gosok dengan lembut agar bagian mobil tidak rusak dan noda bisa hilang dengan cepat.

Jangan biarkan noda di dalam mobil mengering atau menempel lebih lama Kalau sampai dibiarkan mengering, noda akan susah dibersihkan. Kalaupun bisa dibersihkan akan membuat jok atau bagian mobil lainnya rusak.

 

Lapisi Lantai Dan Jok Mobil

Saat musim hujan, lantai dari mobil akan mudah sekali kotor akibat noda yang dibawa oleh sandal atau sepatu. Kalau Anda tidak melapisi lantai dengan kain atau mungkin kertas tebal seperti karton, noda menempel ke mana-mana. Noda yang menempel ini juga akan terciprat ke mana-mana dan membuat interior semakin kotor.

Begitu juga dengan jok mobil, jika ingin melihat jok dalam keadaan baik dan bersih disarankan untuk melapisi agar jok asli tidak terkena noda dan kulit bisa tetap awet.

Saat musim hujan, lakukan pembersihan setiap hari atau seminggu dua kali. Jangan biarkan kotoran menempel di lantai dan membuatnya susah dibersihkan. Beberapa kotoran dan air bisa menyebabkan karatan.

 

Memiliki Tempat Penyimpanan

Hindari meletakkan makanan di tempat duduk atau di belakang ok mobil. Makanan yang cepat busuk bisa menyebabkan jok bisa terkena jamur. Selain itu, aroma busuk juga bisa membuat mobil tidak nyaman.

Begitu juga jika Anda perokok aktif, asbak menjadi solusi untuk membuang abu rokok dan sediakan juga tempat untuk membuang sampah sebelum tiba di lokasi tujuan.