Perawatan Cat Mobil Engga Harus Mahal, Begini Tipsnya

By Administrator 11 Agu 2022
 

Sebelum meminang mobil, tentu salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah warna catnya. Hal ini biasanya berhubungan dengan selera dari konsumen, agar mobil tersebut dapat mempersonalisasikan diri mereka.

Belakangan ini pun, banyak pabrikan otomotif yang merilis warna kendaraan dengan nuansa yang cerah. Sebut saja Daihatsu Rocky, yang merilis warna kuning, atau Honda City Hatchback RS yang dibekali warna orange, serta biru muda yang diaplikasikan pada Toyota Raize.

Dengan penggunaan warna yang lebih cerah tadi, tentu akan membuat pemilik kendaraan menjadi pusat perhatian. Namun, jangan lupa cat kendaraan tersebut juga harus dirawat agar kecerahannya tetap terjaga.

Untuk melakukan perawatan cat mobil, sejatinya tidak membutuhkan biaya yang mahal. Perawatan tersebut bisa dilakukan di rumah, sambil mengisi waktu luang saat mobil sedang tidak digunakan. Ini adalah cara paling mudah dalam melakukan perawatan cat mobil. Tapi jika Anda ingin melakukan perawatan di salon kecantikan, hal itu lebih baik namun harus disertai dengan budget yang lebih.

Bicara mengenai perawatan cat mobil dengan mudah, salah satu hal yang harus dilakukan adalah jangan malas untuk membersihkan eksterior mobil setelah digunakan. Terlebih ketika berkendara saat hujan, mobil harus segera dibilas dengan menggunakan air bersih.

Lakukan pembilasan tidak hanya pada permukaan cat saja, tetapi juga pada bagian bodi mobil yang berbahan plastik. Hal tersebut dimaksudkan agar kilau dari komponen plastik berwarna hitam ini tetap memberikan warna yang lebih cerah.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan untuk melakukan perawatan cat mobil adalah gunakan cairan pembersih yang sesuai dengan anjuran dari bengkel resmi. Jika perlu, usahakan mencari bahan dengan pH balance yang sesuai.

Tujuannya apa? Agar kilau dari cat berwarna cerah tadi tetap terjaga dan tidak mudah kusam, lantaran sering digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Apalagi jika terlalu sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari.

Selain itu, pemilik mobil juga bisa melakukan perawatan dengan cara wax mobil. Untuk perawatan dengan penggunaan wax ini tidak terlalu mahal dibandingkan perawatan coating atau paint protection film.