Pasang Custom Sunroof, Ini Risikonya Jika Asal-asalan

By Automotive Evalube 26 Apr 2024
 

Sunroof adalah atap kaca yang biasa dipasang di atap mobil-mobil mewah agar bisa menikmati pemandangan langit lebih leluasa. Kini, banyak juga pecinta mobil yang memodifikasi mobilnya dengan custom sunroof. 

 

Penting dipahami sebelum memutuskan custom sunroof bahwa pakar sebenarnya tak merekomendasikannya. Pasalnya, alasan keamanan yang sangat berisiko. Apalagi jika custom ini dilakukan asal-asalan hanya untuk gaya semata. 

 

Berikut beberapa risiko pasang sunroof asal-asalan: 

 

  1. Keamanan 

 

Keamanan tak terjamin saat memasang sunroof asal-asalan disebabkan karena konstruksi mobil dengan sunroof memiliki jalur dan talang air khusus yang fungsinya untuk mengalirkan air yang merembes dari sisi-sisi sunroof tersebut. Sementara sunroof custom asal-asalan biasanya dibuat dengan melubangi atap asli mobil baru setelah itu dipasangi sunroof begitu saja. 

 

Jadi, kemungkinan air bocor cukup tinggi. Sehingga saat hujan, interior mobil bisa saja basah hingga lembap. 

 

Tak hanya perihal bocor, asal memotong atap bisa merusak struktur atap dan membuatnya lemah. Para ahli pasang sunroof biasanya lebih teliti dalam proses pemotongan panel. Bahkan mereka menambahkan struktur tambahan agar atap tidak letoy.

 

  1. Atap Asli Mobil Rusak 

 

Apabila tak dikerjakan oleh ahlinya, tentu saja sangat berisiko merusak atap mobil. Kerugiannya tentu tak sedikit, apalagi jika pemasangan sunroof justru berujung pada kebocoran. 

 

  1. Mobil Jadi Tampak Aneh 

 

Jika tak diperhitungkan dengan benar, memasang custom sunroof justru bisa merusak visual mobil. Untuk itu, jika ingin memasang sunroof harus benar-benar diukur oleh ahlinya. 

 

Itu dia beberapa risiko jika memasang sunroof asal-asalan. Baiknya pertimbangkan lagi jika ingin custom sunroof ya teman-teman.