Penyebab Mobil Keluar Bunyi Saat Lewat Polisi Tidur

By Automotive Evalube 04 Mar 2024
 

Ketika mobil melewati polisi tidur atau jalan berlubang dan mengeluarkan bunyi, maka pengendara patut waspada. Pasalnya, bunyi mengganggu tersebut bisa saja disebabkan karena ada masalah pada komponen mobil. 

 

Saat muncul bunyi pada mobil, baiknya segera dicari akar permasalahannya. Jika dibiarkan, bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. 

 

Ada beberapa penyebab mobil mengeluarkan bunyi saat melewati polisi tidur atau jalan bergelombang. Berikut beberapa di antaranya: 

 

  1. Long Tie Rod Aus 

 

Bunyi berdecit pada mobil bisa disebabkan karena ausnya long tie rod. Komponen ini terdiri dari tie rod, ball joint, dan rack end yang ketiganya bekerja sama agar bagian kaki mobil bisa selaras dengan gerakan setir. 

 

Apabila terjadi kerusakan pada salah satu dari ketiga komponen tersebut maka akan menyebabkan longgar hingga muncul bunyi gluduk. Efek lanjutannya ketika tidak segera diperbaiki adalah setir akan terasa berat. 

 

Kerusakan pada long tie rod ini biasanya disebabkan karena kebiasaan mengemudi yang buruk. Kecepatan tak dikurangi saat melewati polisi tidur, misalnya. 

 

  1. Masalah Pada Shockbreaker 

 

Masalah lain yang bisa menyebabkan munculnya bunyi pada mobil saat melewati polisi tidur dan jalan berlubang adalah kerusakan pada bagian shockbreaker atau damper mobil. 

 

Segera hubungi teknisi jika dirasa shockbreaker mengalami kerusakan karena akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara. 

 

  1. Bushing Stabilizer Longgar

 

Bushing stabilizer adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mencegah getaran sampai pada sasis mobil. Sehingga, saat terjadi kerusakan atau masalah pada komponen ini maka getaran akan tak terkendali dengan baik. 

 

Kerusakan pada bushing stabilizer biasanya disebabkan karena lamanya waktu penggunaan. Selain itu, komponen ini juga bisa mengalami longgar karena pemasangan baut yang tidak kencang. 

 

  1. Karet Bushing Arm Menipis 

 

Bushing swing arm juga memiliki fungsi untuk meredam getaran pada bagian ban mobil dan mesin mobil. Setiap mobil biasanya memiliki delapan buah bushing arm. 

 

Bunyi pada mobil bisa disebabkan karena menipisnya karet pada bushing arm. Biasanya teknisi akan menyarankan untuk mengganti karet yang baru untuk mengatasi masalah ini. 

 

  1. Rusaknya Karet Support Shockbreaker 

 

Pada bagian atas shockbreaker terdapat karet support yang terhubung langsung dengan bodi mobil. Kerusakan pada karet ini akan menyebabkan bunyi pada mobil saat terjadi guncangan seperti melewati jalan berlubang atau polisi tidur. 

 

Jika sudah demikian, untuk memperbaikinya adalah dengan cara menyetel ulang baut pengikatnya. 

 

Itu dia beberapa penyebab munculnya bunyi pada mobil saat melintasi polisi tidur atau jalan berlubang. 

 

Untuk mencegahnya, lakukan servis berkala secara teratur agar mobil selalu dalam kondisi prima dan kerusakan pada komponen segera diatasi oleh ahlinya.