Penyebab Mesin Terasa Berat Saat AC Menyala

By Administrator 28 Jul 2023
 

Bagi pemilik mobil, mungkin pernah merasakan mesin terasa berat saat AC dinyalakan. Hal ini belum tentu menandakan ada masalah pada mobil, tetapi bisa juga merupakan sebuah indikasi masalah.

Sebenarnya, mobil terasa berat saat AC menyala itu merupakan hal wajar karena saat AC mobil dinyalakan maka kompresor AC akan bekerja. Kompresor AC bisa bekerja karena ia terhubung melalui belt dengan putaran mesin sehingga terasa berat dibanding AC tidak hidup. Otomatis, mesin akan terasa lebih berat karena ada beban.

Tetapi, mesin terasa berat saat AC menyala bisa merupakan indikasi masalah jika beratnya ini tak wajar. Pemilik mobil biasanya bisa merasakan mana tarikan mesin yang normal dan tidak normal.

Berikut beberapa penyebab yang bisa terjadi saat mobil terasa berat ketika AC dinyalakan:

1. Kesalahan penyetelan RPM

Penyetelan Revolutions per Minute (RPM) yang tidak tepat rupanya sangat berpengaruh pada kinerja mesin mobil yang hidup atau mati. Mobil yang menggunakan mesin injeksi ataupun karburator memiliki risiko penurunan tenaga.

RPM ini memang tak bisa disetel sembarangan, karena jika terjadi kesalahan maka beban kinerja mesin akan meningkat. Untuk itu, baiknya untuk menyetel RPM dilakukan oleh teknisi bengkel yang berpengalaman.

2. Ada hambatan di sirkulasi udara AC

Apabila sirkulasi udara pada AC kotor, maka bisa membuat kinerja mesin menjadi lebih berat. Komponen pada sirkulasi udara AC yang bisa kotor di antaranya saluran AC, kondensor, dan evaporator.

Apabila sirkulasi udara pada komponen-komponen tersebut terhambat oleh kotoran maka kinerja AC akan menjadi dua kali lipat lebih berat. Alhasil, tarikan mesin akan terasa lebih berat. Untuk itu, penting untuk membersihkan AC secara berkala.

3. Kompresor terlalu besar

Apabila kompresor melampaui standar maka kinerja mesin juga bisa menurun. Mesin akan terasa semakin berat saat AC dinyalakan.

Untuk itu, saat melakukan upgrade kompresor baiknya benar-benar memastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan mobil. Jika tetap dipaksakan, hasilnya mesin mobil akan terasa berat apalagi saat AC dinyalakan.

4. Filter udara kotor

Jika kinerja AC lebih berat dari biasanya maka tarikan mesin akan lebih berat. Filter udara yang kotor akan menyebabkan kinerja AC menjadi lebih berat. Pasalnya, filter udara yang kotor akan menyebabkan aliran udara ke ruang pembakaran menjadi terhambat.

Pastikan rajin membersihkan filter udara agar hal seperti ini tak terjadi. Jika terjadi kerusakan pada komponennya, gantilah filter udara dengan yang baru.

5. Tak rutin mengganti oli

Oli sangat penting untuk menjaga performa mesin mobil. Apabila kondisi oli buruk, maka kualitas mesin pun akan menurun. Untuk itu, pabrikan selalu menyarankan untuk tidak lupa mengganti oli secara berkala.

Jika mobil tak rajin diganti olinya secara berkala maka kinerja mesin menurun sehingga terasa berat. Apalagi jika ditambah dengan menyalakan AC.

Pastikan mengganti oli secara berkala dan gunakan Evalube yang terjamin kualitasnya. Evalube menyediakan berbagai jenis oli sesuai dengan kebutuhan mobil kesayangan Anda. Dapatkan Evalube di bengkel terdekat Anda.