Penyebab Lampu Mobil Kemasukan Air dan Cara Mengatasinya

By Automotive Evalube 25 Sep 2024
 

Pemilik mobil pasti pernah menemukan embun atau air masuk ke dalam lampu depan mobil. Masuknya air ke dalam lampu mobil ini bukan karena ada yang retak atau pecah, bisa jadi karena sebab yang lain.

Sebenarnya, ketika ada air atau embun di dalam lampu depan mobil itu bisa disebabkan karena proses kondensasi yang terjadi secara alami. Hal ini dikarenakan perubahan suhu di mana suhu di dalam lampu depan lebih panas daripada di luar.

Penyebab Lampu Mobil Kemasukan Air

Namun, jika embun atau air ditemukan di dalam kepala lampu, ada beberapa hal yang bisa menjadi sebabnya:

1. Udara Masuk Saat Ganti Bolam Lampu

Udara lembap bisa saja masuk saat proses penggantian bohlam lampu. Pasalnya, saat bohlam lampu dicopot, maka lubang bohlam lampu tersebut akan terbuka. Dari momen itulah udara lembap bisa masuk. Udara lembap yang terjebak di dalam bohlam lampu ini akan mengembun saat mobil melintasi daerah dengan suhu yang dingin seperti pegunungan atau di pagi hari.

2. Seal Atau Karet Bohlam Pecah

Bohlam lampu mobil umumnya memiliki seal atau karet agar bola lampu dan rumah lampu bisa rapat dan kencang. Apabila ada kebocoran pada karet ini maka udara atau air dari luar bisa masuk ke dalam lampu.

3. Seal Mika Lampu Bocor

Kebocoran pada seal atau karet pada sambungan antara kaca lampu dengan reflektor lampu juga bisa jadi sebabnya. Pasalnya, apabila seal ini bocor maka air dari hujan atau cucian mobil bisa masuk ke dalam lampu.

 

Cara Atasi Lampu Mobil Kemasukan Air

Jika bagian lampu atau headlamp kemasukan air maka harus segera diatasi. Pasalnya, bisa mengganggu pencahayaan mobil.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan saat lampu kemasukan air:

1. Divakum

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melepas lampu kemudian divakum melalui lubang bolam. Vakum ini berfungsi untuk menyedot air dan kelembapan dari dalam lampu.

2. Kain

Kain kering juga bisa digunakan untuk mengatasi hal ini. Caranya masukkan kain kering yang ukurannya disesuaikan ke dalam bohlam lampu. Gunakan benda tumpul untuk menggapainya.

3. Bongkar Lampu

Ada juga cara yang bisa digunakan yakni membongkar keseluruhan lampu kemudian dilap atau dibersihkan dengan lap kering baru setelah itu dipasang kembali. Apabila ada seal atau karet yang bocor bisa segera diganti.

Perlu dicatat bahwa untuk memasang lampu kembali tak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya, seal atau karetnya harus benar-benar rapat.

Tidak disarankan juga meniupkan angin ke dalam lampu karena justru bisa merusak komponennya.

Itu dia penyebab lampu mobil kemasukan air dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat