Pakai Ban Lebih Kecil dari Standar, Apa Dampaknya?

By Automotive Evalube 11 Mei 2024
 

Ban adalah komponen yang penting dalam sepeda motor yang berfungsi untuk menggerakkan motor. Selain itu, ban juga berfungsi untuk menyangga beban motor dan penumpang karena ban merupakan komponen paling bawah pada sepeda motor yang bersentuhan langsung dengan aspal jalan. 

Karena fungsinya yang sangat penting ini, pabrikan membuat ban dengan sangat seksama agar mampu melakukan tugasnya dengan baik. Salah satunya adalah agar ban kuat menyangga beban dan bisa beroperasi dengan aman dan nyaman. 

Saat ini banyak pemilik motor yang memodifikasi ban dengan menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil atau lebih besar. Penggantian ban motor ini sendiri untuk berbagai alasan. 

Namun, yang perlu diperhatikan adalah risiko yang bisa terjadi saat mengganti ban dengan ukuran yang berbeda dengan pabrikan. Seperti saat mengganti ban menjadi ukuran yang lebih kecil.

Berikut beberapa dampak mengganti ban menjadi lebih kecil: 

 

  1. Motor Tak Stabil 

Motor dengan ban yang ukurannya lebih kecil akan tak stabil pergerakannya dan lebih sulit dikendalikan. Saat digunakan untuk berkelok atau berpacu dalam kecepatan tinggi, motor dengan ban yang terlewat kecil punya risiko kecelakaan yang cukup tinggi. 

 

Untuk itu, pastikan menggunakan ukuran ban sesuai pabrikan agar laju sepeda motor tetap aman. Minimal tidak lebih kecil dari rekomendasi pabrikan jika memang ingin mengubah ukuran ban.

 

  1. Tak Bisa Menanggung Beban Motor Dan Penumpang 

 

Risiko lain mengganti ban motor dengan ban yang lebih kecil adalah kurangnya kemampuan menanggung beban motor dan penumpang. Hal ini akan sangat berbahaya saat motor melaju di jalan basah yang licin, menyebabkan ban jadi lebih mudah tergelincir sehingga membahayakan pengendara dan pengguna jalan lain. 

 

  1. Pengereman Tak Maksimal 

 

Mengganti ban motor jadi lebih kecil juga berpengaruh pada sistem pengereman. Pasalnya, penggunaan ban yang lebih kecil akan menyebabkan pengereman jadi tak maksimal karena daya cengkeram ban ke aspal jadi lebih sedikit saat menerima gaya dorong motor. 

 

Mudahnya, pastikan menggunakan ban sesuai standar saat akan mengganti ban jika ingin terjamin perihal keamanan berkendara. Selain itu keamanan diri sendiri, menggunakan ban motor sesuai standar juga untuk menjaga keamanan pengguna jalan lain.