Oli Motor Cepat Habis, Kenapa Ya?

By Administrator 16 Nov 2023
 

Oli mesin adalah komponen yang sangat penting untuk performa sepeda motor. Untuk itu, oli mesin harus diganti secara berkala agar sepeda motor tetap dapat bekerja secara optimal.

Biasanya, oli mesin harus diganti dalam waktu 2 sampai 4 bulan pemakaian. Tetapi, dalam kondisi tidak normal, oli mesin bisa lebih cepat habis sehingga harus segera diganti.

Ada beberapa alasan kenapa oli mesin bisa cepat habis. Berikut beberapa di antaranya:

1. Oli Jarang Diganti

Oli mesin yang tidak diganti di waktu seharusnya diganti, maka oli mesin akan berkurang karena penguapan. Oli mesin pun akan berada di bawah batas minimal, sehingga bisa membuat kerusakan pada komponen-komponen mesin yang tak terlumasi dengan sempurna.

Untuk itu, jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala. Biasanya oli sudah harus diganti pada jarak tempuh 2.000 hingga 3.000 km.

2. Seal Oli Bocor

Kebocoran pada seal oli jadi salah satu penyebab umum kenapa oli mesin cepat habis. Kebocoran ini bisa disebabkan karena usia pemakaian seal yang memang sudah seharusnya diganti. Selain itu, kebocoran pada seal juga bisa disebabkan karena pengisian oli yang melebihi kapasitas.

Solusi dari seal yang bocor ini bisa beberapa kemungkinan seperti memasang seal oli dengan benar dan tepat. Selain itu, juga perlu benar-benar memastikan jumlah oli yang diisi tidak melebihi kapasitas.

3. Tidak Menggunakan Oli Yang Tepat

Kualitas oli juga sangat berpengaruh pada kinerjanya. Gunakan oli dengan kekentalan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Gunakan Evalube yang terjamin kualitasnya dan bisa didapat dengan mudah di berbagai bengkel terdekat.

4. Pemakaian Motor Tak Wajar

Motor untuk kegiatan sehari-hari tapi digunakan dengan berlebihan atau ugal-ugalan bisa membuat oli mesin cepat habis. Misalnya seperti menggunakan motor dengan kebut-kebutan. Untuk itu, baiknya menggunakan sepeda motor dengan porsi normal saja.

5. Piston dan Ring Piston Aus

Ring piston ini merupakan komponen yang terdapat di dalam mesin. Apabila komponen ini bermasalah seperti aus atau rusak maka bisa mengganggu kinerja mesin sehingga bisa mengakibatkan salah satunya oli mesin yang cepat habis.

Untuk itu, penting melakukan servis berkala pada sepeda motor agar segera terdeteksi jika ada masalah pada komponen di dalam mesinnya.

Itu dia beberapa penyebab oli mesin cepat habis. Lakukan penggantian oli secara berkala, gunakan oli mesin berkualitas, dan servis rutin motor untuk menghindari hal ini terjadi.