Oli Motor Matic yang Bagus Untuk Jarak Jauh, BBM Tetep Irit

By Administrator 26 Jul 2022
 

Saat ini, padatnya aktivitas sehari-hari sudah bisa terbantu dengan baik. Kendaraan bermotor, seperti mobil dan motor sangatlah membantu dalam keperluan tersebut. Motor cukup diminati oleh banyak pengguna. Selain karena ukurannya yang kecil, juga karena perawatannya yang cukup mudah.

Untuk merawat motor, minimal kamu menjaganya dalam keadaan yang bersih. Dan tidak lupa untuk melakukan servis rutin. Seperti mengganti oli motor salah satunya. Untuk itu, bagi kamu yang menggunakan motor berjenis matic, sangat perlu tahu apa oli motor matic terbaik.

Baca juga artikel Bikin Tarikan Enteng, Oli Apa yang Bagus Untuk Motor Matic?

 

Inilah Perawatan Rutin & Penggantian Oli Motor Matic Untuk Perjalanan Jauh

Motor matic merupakan jenis motor yang sangat praktis dan mudah untuk digunakan oleh siapa saja. Tapi, untuk perawatannya tidaklah bisa sembarangan. Kamu harus memperhatikan beberapa hal penting agar motor matic milikmu selalu dalam keadaan yang baik.

Berikut ini ialah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat motor matic milikmu agar selalu dalam keadaan yang baik dan stabil untuk dikendarai. Simaklah!

 

1. Rutin Memanaskan Mesin Motor

Memanaskan mesin sangatlah berpengaruh dalam memberikan usia yang panjang untuk motor. Kamu harus memanaskan mesinnya setiap pagi hari atau minimal sebelum mengendarainya. Memanaskan mesin motor yang baik ialah menggunakan kick starter, agar baterainya tidak cepat berkurang. Jangan terlalu lama pula saat memanaskan. Cukup sekitar 5 menit saja.

 

2. Gantilah Oli dengan Rutin

Oli memiliki peran yang sangat penting dalam pembakaran yang dilakukan oleh mesin motor. Kamu harus mengganti oli secara rutin, jangan sampai membiarkan oli dalam keadaan yang kurang dari volume minimal atau dalam keadaan yang keruh dan sudah tak layak pakai, karena bisa mengurangi usia motor.

Kamu juga tak bisa menggunakan oli motor sembarangan. Untuk motor matic, ada beberapa oli khusus yang bisa digunakan. Kami menyarankan agar kamu menggunakan oli motor matic terbaik dari Evalube.

 

3. Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar

Motor matic, sangat pantang kamu gunakan hingga bahan bakarnya kehabisan. Maka dari itu kamu haruslah berhati-hati. Jangan sampai membiarkan motor matic kehabisan bahan bakar, karena mesinnya akan mudah rusak. Apalagi kalau sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi.

 

4. Perhatikan Kondisi Vanbelt

Vanbelt ialah komponen dari karet yang sangat penting bagi motor matic. Kamu harus memperhatikan kondisinya, karena ketika vanbelt putus, maka motor matic milikmu tidak akan bisa berjalan dan berhenti dengan sendirinya.

 

5. Lakukan Perawatan Aki

Aki ialah komponen penting dalam setiap kendaraan bermotor. Tugas utama aki untuk menyebarkan aliran listrik ke seluruh komponen. Dengan aliran listrik tersebut, maka setiap komponen dalam motor akan berjalan semestinya.

Kamu haruslah mengganti aki motor secara rutin. Apalagi untuk motor matic yang jelas lebih banyak mengeluarkan energi dalam aki, salah satunya untuk keperluan starter otomatisnya. Kami sarankan agar kamu menggantinya setelah maksimal 1 tahun penggunaan. Atau bisa melakukan pengecasan setelah 7 bulan penggunaan.

 

Inilah Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik dari Evalube

Evalube merupakan merk oli yang sangat bergengsi dan terjamin kualitasnya. Kamu bisa beralih dan menggunakan produk kami untuk menjaga agar motor matic kesayanganmu selalu dalam keadaan yang baik. Berikut ini ialah daftar oli yang cocok untuk digunakan oleh motor matic milikmu, simaklah!

  1. Evalube Scootic RX, cocok untuk matic bermesin 4-tak API SL/JASO MB.
  2. Evalube Scootic YX, cocok untuk matic mesin 4 langkah Yamaha API SL.
  3. Evalube Scootic HX, cocok untuk matic mesin 4 langkah Honda API SL.
  4. Evalube Scootic MX, cocok untuk matic mesin 4 langkah Yamaha API SG/JASO MB.

Selain beberapa produk oli di atas, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai produk Evalube lainnya di halaman produk scootic. Untuk pembelian dan harga, kamu bisa mengunjungi official store Evalube.