Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak, Awas Kepanasan

By Administrator 16 Okt 2023
 

Kompresor AC rusak merupakan salah satu masalah yang mungkin kerap terjadi di mobil. Padahal, kompresor AC memiliki peran yang berhubungan dengan kinerja mesin.

Kompresor AC berfungsi untuk memberi sirkulasi freon ke seluruh sistem AC dengan cara menaikkan tekanan freon.

Penyebab kompresor AC rusak bisa bermacam-macam. Berikut beberapa di antaranya:

1. Freon AC mobil bocor

Kompresor AC mobil rusak bisa disebabkan karena freon AC bocor. Kebocoran iki akan menyebabkan freon cepat habis dan berpengaruh ke kinerja kompresor mobil.

Jika freon cepat habis maka tak bisa digunakan untuk mendinginkan udara yang masuk ke dalam mesin. Untuk itu, jika terjadi kebocoran pada freon mobil baiknya langsung dibawa ke bengkel untuk segera diperbaiki.

2. Sekring putus

Sekring merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke kompresor. Jika bagian ini rusak maka arus listrik tak akan sampai ke kompresor. Putusnya sekring ini akan menyebabkan semburan freon ke sistem AC berhenti sehingga AC tak lagi mengeluarkan udara dingin.

3. Oli kompresor habis

Jangan sepelekan oli kompresor karena fungsinya sangat penting. Oli kompresor berfungsi untuk melumasi bantalan-bantalan komponen AC yang saling bergesekan saat bekerja. Jika oli habis maka kompresor akan lebih cepat panas dan performa kerja pun menurun.

Untuk itu, baiknya mengganti oli kompresor secara berkala. Jangan sampai lupa menggantinya karena akan membuat kompresor tak bisa menghasilkan tenaga tinggi untuk menghembuskan udara dingin ke dalam mobil.

4. Saluran mesin AC mobil tersumbat

Untuk mobil-mobil yang tak rutin lakukan servis patut waspada pada kotoran-kotoran yang menumpuk dan menyebabkan masalah. Seperti pada saluran mesin AC sehingga menyebabkan penyumbatan.

Jika sudah demikian maka akan menyebabkan kebocoran pada saluran atau kerusakan pada komponen. Untuk itu, baiknya lakukan servis mobil secara rutin agar jika ada kerusakan bisa langsung ditangani.

5. Komponen seal bocor

Seal ini merupakan pelapis yang terbuat dari bahan karet. Kebocoran pada seal ini akan menyebabkan gas freon menuju ke sistem AC jadi kurang dingin.

6. Usia pemakaian

Kompresor AC juga bisa rusak jika sudah melebihi usia pemakaian. Tiap mobil biasanya memiliki waktu pemakaian berbeda yang bisa dilihat di buku bawaan pabrikan.

Itu dia beberapa penyebab kerusakan kompresor AC. Pastikan lakukan perawatan secara rutin agar jika ada masalah bisa dideteksi dini dan tak menyebabkan kerusakan lebih parah.