Mobil Overheat di Jalan Tol? Ini 5 Tips Hadapinya

By Automotive Evalube 14 Mei 2024
 

Mobil mendadak overheat saat di jalan tol mungkin adalah mimpi buruk bagi banyak orang. Tetapi, dalam kondisi seperti ini hal yang tak boleh dilakukan adalah panik dan bertindak gegabah. 

 

Pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan saat mobil overheat di jalan tol adalah bekal agar tetap bisa bersikap tenang. Pengemudi harus mengambil langkah solutif saat berada di posisi seperti ini. 

 

Berikut 5 hal yang harus dilakukan saat mobil overheat di jalan tol: 

 

  1. Tepikan Mobil Segera 

 

Saat mobil overheat, segera tepikan mobil karena jika dibiarkan maka mobil akan mogok dan situasi tentunya akan jadi lebih sulit. Selain mogok, saat mobil dibiarkan dalam kondisi overheat yang bisa terjadi adalah mobil terbakar. 

 

Untuk itu, segera matikan AC kemudian tepikan mobil dengan menyalakan lampu hazard dan matikan mesin. Agar aman, pasang segitiga pengaman dengan jarak minimal 50 meter. Fungsinya, agar pengendara lain mengetahui mobil Anda dalam kondisi darurat. 

 

  1. Buka Kap Mesin 

 

Membuka kap mesin penting dilakukan agar suhu panas segera keluar atau terbuang. Jangan lupa untuk berhati-hati karena tuas atau tiang penyangga biasanya berada di dekat radiator yang panas. 

 

  1. Tunggu Hingga Mesin Agak Dingin 

 

Setelah kap dibuka, biarkan dulu mesin agak dingin. Jangan langsung memeriksa bagian radiator karena biasanya suhunya masih sangat tinggi dan berbahaya jika disentuh begitu saja. Tunggu sambil beristirahat agar Anda juga jadi lebih tenang. 

 

  1. Periksa Radiator

 

Setelah mesin dingin barulah periksa radiator. Apabila air radiator sudah kurang segera isi kembali. Untuk itu, pastikan selalu membawa air di dalam mobil. 

 

  1. Hubungi Jasa Layanan Tol 

 

Apabila kondisi tidak segera membaik setelah air radiator diisi kembali, baiknya segera hubungi jasa layanan tol. Setelah air radiator diisi periksa bagian kolong mobil, jika air menetes airnya radiator bocor. Mintalah bantuan pada jasa layanan tol agar lebih aman. 

 

Itu dia beberapa langkah yang harus dilakukan saat mobil overheat di jalan tol. Semoga membantu ya!