Mesin Overheat Saat Mudik, Jangan Panik, Begini Cara Hadapinya

By Administrator 28 Apr 2023
 

Menempuh perjalanan jauh saat mudik apalagi saat cuaca panas dan mesin mobil dalam keadaan tak optimal, bisa saja terjadi overheat. Saat kondisi ini terjadi, yang paling penting bagi pemilik kendaraan adalah tidak panik.

Overheat adalah kondisi mesin dengan suhu terlalu tinggi jauh di atas suhu normal. Ada beberapa penyebab mesin overheat, di antaranya air radiator yang bermasalah (kurang atau tak lancar), cuaca ekstrem, masalah kebocoran oli dll.

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan saat menghadapi mesin overheat:

1. Segera menepi dan matikan mesin

Ketika mesin mobil overheat, biasanya ditunjukkan oleh jarum indikator yang menyala, segeralah menepi. Jangan lupa cari posisi aman saat menepi, nyalakan lampu hazard sebagai tanda.

Setelah menepi, segera matikan mesin mobil agar kerja mesin berhenti dan suhu lebih terkendali.

2. Buka kap mesin

Untuk mengurai panas pada mesin sehingga tak hanya berada di dalam mesin segera buka kap. Cari tuas kecil pembuka kap mesin mobil. Hati-hati dalam membuka karena biasanya kap berada di dekat radiator sehingga berisiko sangat panas.

3. Jika mesin masih sangat panas jangan buru-buru membuka tutup radiator

Pengendara mobil pastinya ingin segera mengecek air radiator, namun baiknya ditunggu sebentar saat sudah tak terlalu panas. Pasalnya, jika dibuka saat panas akan melukai tangan.

4. Periksa tabung cadangan air radiator

Setiap mobil biasanya memiliki cadangan air radiator. Bagian ini terhubung pada bagian atas radiator. Di cadangan air ini membantumu melihat apakah air radiator kurang atau tidak.

Selain itu, bisa juga dicek pada indikator ketinggian air. Jika air radiator kurang, segera tambahkan sampai posisi atas.

Jika masalah hanya pada kekurangan pada air radiator maka mobil bisa dinaiki kembali setelah air radiator terisi.

5. Jika terjadi kebocoran, hubungi bengkel terdekat

Jika pemilik kendaraan tak memiliki pengalaman dengan mobil disarankan menghubungi bengkel terdekat untuk mengatasi kebocoran. Namun, jika berpengalaman dengan mobil periksalah radiator, blok mesin, atau kepala silinder di dekat gasket, apakah ada kebocoran.

Namun, jika bengkel jauh dan tak bisa memanggil derek dan terpaksa menaiki mobil yang overheat ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Yakni jangan nyalakan AC, nyalakan heater untuk mengurangi panas mesin, awasi selalu petunjuk temperatur, hindari kemacetan, dan kendarai mobil dengan kecepatan standar.